Laman

Selasa, 15 Juni 2010

Istri terlebih dahulu dan Istri setelahnya


Pada umumnya, setiap orang selalu mempersoalkan tentang status istri tua dan istri muda. Dari segala sudut dan pandang, dan selalu saja menyudutkan posisi masing-masing status mereka.

Mengapa harus menjadi gunjingan, disaat seorang wanita menjadi istri muda dari seorang lelaki yang telah bersuami. Wanita manapun  pastinya tak rela  diduakan cintanya, walau mereka tahu lelaki yang menjadi pilihannya itu telah beristri. Mereka pun menjerit dengan ketentuan takdir untuknya, harus membagi dengan wanita lain. Tapi semua harus diterimanya. Walau mungkin harus menyakiti wanita lain dengan caranya itu.


Mengapa istri tua, terkadang fitnah besar baginya, disaat cintanya harus dibagi dengan wanita lain. Sedangkan pengorbanan hatinya begitu besar, dengan hati tersayat. Segala fitnah pun menghujamnya pilu, dari semua sisi.

Padahal, dimata Allah status mereka sama, hamba yang diutus selalu untuk beriman kepadaNYA. Tiada beda, tiada jauh. Tetap mereka adalah manusia biasa, yang tak memiliki kekuatan dan kemampuan, hanya dengan kekuatan-NYA lah mereka kuat dan mampu menjalaninya.

Lebih bijak, mungkin dengan sebutan “ Istri terlebih dahulu” untuk istri tua, “Istri setelahnya” untuk istri muda. Mungkin dengan sebutan bijak seperti itu, akan terasa indah terdengar.

Indahnya dunia bila semua orang memandang poligami bukanlah aib yang selalu menjadi gunjingan untuk para pelakunya, terlalu berliku peran yang harus mereka jalani, dan terlebih baik hindari poligami bila tak ada kekuatan untuk itu. Karena dalam poligami ada fitnah yang selalu meliputinya. Suatu anugerah besar bila para pelaku mampu menjalaninya dengan sehat, kedamaian, keadilan dan penuh kasih sayang. Subhanallah…

27 komentar:

  1. Msh bingung mbak mau koment apa. He he.. . Titip doa aj deh smg mbak slalu diberkahi olehNya.

    BalasHapus
  2. jadi pengen poligami, he he he ....

    BalasHapus
  3. Aku gak sanggup menjalaninya.. karena aku masih egois mbak... hehehe

    BalasHapus
  4. Sepertinya kita memang harus selalu meletakkan persoalan dengan sudut pandang yang tepat dan tentu saja benar...

    Mengenai pligami, kayaknya saya termasuk "calon suami' yang setia deh, jadi sulit mendua. hehe. kaburrrr...

    BalasHapus
  5. Kl mnrt sy (yg msh sgt bodoh ini)poligami mgkn mmg bukan aib,krn di Indonesia dg mendasarkan pd kebolehan oleh agama bg pelakunya, poligami sdh merupakan hal yg biasa di masyarakat. Hanya membayangkan aja, dlm hal ini posisi istri disitu sgt berat krn harus extra sabar, extra lapang dada, menyaksikan suami membagi cinta dg wanita lain seumur hidupnya. Smg para istri yg dipoligami, mendapatkan kesabaran itu dan memperoleh kebahagiaan yg sama dg istri2 bahagia lainnya. assalamu'alaikum mbak :)

    BalasHapus
  6. Subhanallah, semoga kebahagiaan selalu menyertai mbak Latifah! Amin!

    BalasHapus
  7. Poligami, dengan segala pro-kontranya, adalah ketetapan Allah. Perlu keluasan hati bagi semua orang yang terlibat didalamnya, tidak semata para istri, melainkan pula kebijaksanaan suami.
    Saya selalu salut kepada para istri yang hidup dalam rumahtangga poligami. Allah telah menyiapkan surga yang indah di sela seluk-beluk persoalan rumahnya.

    Doa saya selalu buat Ateh, semoga Allah melapangkan jalanNya dan menghimpunkan segala kebaikanNya untuk Ateh dan keluarga. Amiiin

    BalasHapus
  8. org yg sangat tersakiti yaitu istri tua,..ap lg kl dia tak rela di madu...salam kenal sis,..

    BalasHapus
  9. No Comment buat Postingan Ini...

    Oia Apa kbr Mbak?

    BalasHapus
  10. semoga diberikan kesabaran dan kekuatan untuk para istri tua ya mba,...!

    untuk istri muda,...? no comment !

    BalasHapus
  11. Subhanallah.. suatu keistimewaan bila terdapat keharmonisan antara tua dan muda.. :D

    BalasHapus
  12. Subhanalloh...Sebuah surga di depan mata ketika seorang istri ikhlas untuk dipoligami...

    BalasHapus
  13. Poligami Yesss ! Adil yang dimaksud dalam penafsiran poligami adalah proporsional. Berbahagialah bagi yg mampu mengamalkannya.
    Postingannya luar biasa, i like it.

    Dzadjakillah khairan saudariku :)

    BalasHapus
  14. Saya setuju dengan kalimat terakhir Mbak..."Suatu anugerah besar bila para pelaku mampu menjalaninya dengan sehat, kedamaian, keadilan dan penuh kasih sayang. Subhanallah…"

    Salam hangat selalu.

    BalasHapus
  15. Meskipun tidak ada yang menginginkan para wanita menjadi istri tua, tapi jika sudah takdir jalannya untuk di poligami oleh sang suami.." anugrah besar bila para pelaku menjalaninya dengan sehat, kedamaian , keadailan serta penuh kasih sayang..karna itu yg sangat diperlukan

    BalasHapus
  16. disaat cintanya harus dibagi dengan wanita lain, itulah saat terberat untuk dlalui. Sebuah nilai pengorbanan yang begitu besar dihadapkan pada pilihan yang begitu berat.

    Semoga kebahagiaan selalu terlimpah buat mereka. Segala fitnah akan berubah harum kelak di 'sana'.

    Semoga kabar ateh baik selalu.

    BalasHapus
  17. bagus info.a. . . Kunjung balik ya

    BalasHapus
  18. dengan bbrapa hal Qta hrus bnyak brpkir, yang mna dtik2 ni bnyak orang yang sudah mlpakan hal itui.

    BalasHapus
  19. semoga terus diberi kekuatan hati mbak

    eh iya saya sudah lihat blognya memang copy paste semua gambarnyapun ia begini mbak bikin anti klik kanan saja tutorialnya minta di kang enes, saya akan beritahu dia dengan baik-baik mbak supaya jangan copy paste lagi

    BalasHapus
  20. Banyak orang menolak dan merendahkan poligami, padahal poligami dibolehkan oleh Allah.
    Boleh juga tuh mbak istilah barunya,lebih santun.

    Oya, Insya Allah nanti saya tegur tuh orang

    BalasHapus
  21. All@ semoga setiap kejadian yang menimpa setiap hamba, selalu terkandung hikmah, terimaksih masih setia mengunjungi blog sederhana ini.

    Bang Munir & Kang Enes @ Terimaksih bantuannya ya...semoga dng teguran atau suara yang lebih banyak, dia akan menyadarinya, semoga Allah membalas kebaikan kedua sahabatku ini...amiin.

    BalasHapus
  22. info yang bermanfaat. . . Thx ea. . .

    BalasHapus
  23. Kalau aku..jangankan poligami..satu istri saja belum punya hehehehe...

    BalasHapus
  24. Eh mbak, emang ada yg copas tulisan2 mbak Ateh to..? Maaf baru tahu.. :(

    BalasHapus
  25. good article...

    http://livestreamfree.net/

    BalasHapus
  26. Saya tdk menentang poligami, siapa yg sanggup melaksanakan nya ya.. silahkan saja.
    buat saya poligami adalah pilihan..
    makasih teh..

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !