Laman

Rabu, 06 Januari 2010

Rendah Hati Itu Indah


S emua yang ada dalam hidup ini hanya lah sebuah titipan Allah semata,kita hanya lah sebagai mahluk yang diberikan amanah dan tugas untuk menjaganya baik-baik semua titipan itu,ntah keluarga,suami ,istri anak dan juga harta benda.Tak luput anggota tubuh ,kecantikan dan kecerdasan .Semua hanyalah milik-Nya semata.Apalah artinya keangkuhan dan kesombongan dalam membanggakan semua itu, semua sudah jelas,hanyalah titipan.Dulu kita terlahir tanpa baju sehelai benangpun .Dari tak dapat bicara dan tidak dapat berjalan hingga kini semua kita dapat melakukannya.Ada yang menjadi kaya ,cantik ,cerdas,berhasil dan sukses juga sebaliknya.Semua hanyalah karena Allah SWT,sang pencipta dan maha merajai (Al-malik ).

Keangkuhan dan kesombongan yang menguasai diri adalah sebuah penyakit hati.Karena sudah membatunya didalam hati,yang sulit untuk mencair.Hanya dengan taufik dan hidayah-Nyalah hati akan mencair dari sifat tersebut.Keangkuhan dan kesombongan hanyalah akan membawa malapetaka bagi dirinya ,seperti halnya Firaun yang mengaku dirinya sebagai Tuhan karena Keangkuhan dan kesombongannya, berakhir hidupnya dengan ditelan laut merah,karena akan memusnahkan nabi musa AS ,dengan mengejarnya .Tapi naas setelah laut merah terbelah oleh mukjizatnya Nabi Musa AS.Akhirnya Firaun tertelan ditengah -tengah laut.Itulah sebuah malapetaka besar untuk Firaun.Wallahualam....

Jadi untuk apa kita memiliki sifat seperti itu,yang hanya membawa petaka bagi diri sendiri.Keangkuhan dan kesombongan dalam bersikap,berbicara dan bertindak.Semua hanya akan menjadi senjata memakan tuan.Yang akan berbalik menghukum diri sendiri .Karena antipati akan menghampiri dari orang sekitar kita.Cibiran dan umpatanpun akan menghujam.Sungguh menyakitkan.

Mungkin hidup ini akan terasa indah bila rasa rendah hati ( tawadlu ) terbentuk dalam diri kita ,kenyamanan hati akan terasa dari orang yang menghadapi seseorang yang selalu rendah hati .Dan suatu penghormatan yang tinggipun akan teraih oleh kita.Rasa simpatipun akan terlimpah ruah .Dan senyum akan selalu merekah menyambut ramah ,dengan ketulusannya.Sungguh indah dan menyenangkan bukan ?!.....

******

22 komentar:

  1. Semoga kita semua terhindar dari segala bentuk penyakit hati. Amin.

    pertama gak ya, hehehe..

    BalasHapus
  2. Salam kenal mbak. Artikel yang mantap.
    ~Icham Mohammad~

    BalasHapus
  3. Sombong bukanlah baju manusia...bagaimana mungkin ia memakai pakaian yg bukan miliknya?? Tapi nagsu senantiasa mempertanyakan ulang..

    BalasHapus
  4. Setuju mba...menjadi orang yang rendah hati memang terasa lebih nyaman...asal jangan rendah diri ya mba...?

    BalasHapus
  5. emang indah kalo semua bisa hidup dengan rendah hati
    tapi sulit untuk menjadi rendah hati mbak..terlalu banyak godaan di dunia ini

    BalasHapus
  6. Pencerahan dipagi hari, buat sangu beraktifitas!

    Kesombongan menjauhkan kita dari kebaikan.

    Rendah hati, ibaratnya kita sebagai magnet, bila ada serbuk besi semuanya akan berlomba-lomba mendekat..menempel..dan mengelilinginya, seandainya kita sebagai magnet itu dan serbuk besi segala kebaikan maka betapa banyak kebaikan yang kita dapat!

    BalasHapus
  7. Artikelnya bagus..Makasih yaah

    BalasHapus
  8. semoga tidak ada kesombongan dalam hati artikel yang sangat mencerahkan bu

    BalasHapus
  9. semoga kita jauh dari berbangga hati dan sombong

    BalasHapus
  10. selalu tertuang tulisan2 yang menggugah diri untuk lebih baik. i love this blog!

    BalasHapus
  11. rendah hatilah selalu
    maka Allah akan selalu menyayangi

    BalasHapus
  12. Mantap teh. Rendah hati itu harus, rendah diri itu yang tidak boleh. Rendah hati hanya bisa kita dapatkan kalau kita mengenal diri kita secara jujur dan tulus. Diri kita yang penuh kekurangan, katanya.

    BalasHapus
  13. setuju sama newsoul, rendah hati itu harus. tapi.... rupanya rendah hati itu tidak semudah yang dibayangkan. buktinya.. masih banyka yang tinggi hati.

    semoga kita termasuk golongan orang orang yang rendah hati. amiiiiin

    BalasHapus
  14. Rendah hati itu tak mudah utk dilaksanakan. Apalagi kalo ada org lain yg memuji kita, meski maksud dia tentu baik, tp bisa jd batu sandungan buat kita.

    BalasHapus
  15. Rendah hati memang sulit tapi manusia harus tetap berusaha mencapainya semaksimal mungkin dengan selau mengasah kepekaan hati.

    BalasHapus
  16. jujur mbak aku nangis baca ni postingan teringat akan semua dosa2ku...
    di tmbah lagi musik blog ini yang mendukung.
    hikz...hikz...hikz...
    jD cengeng nih. jD maLu

    BalasHapus
  17. Tidak mudah untuk rendah hati, tapi kita harus mengusahakannya..

    BalasHapus
  18. Semoga aku bisa jadi orang yang rendah hati

    BalasHapus
  19. tausiyah yang bagus ini teh. semoga saya bisa terus menjaga hati agar tidak kena penyakit sombong....

    BalasHapus
  20. sifat sombong justru hanya akan membuat kita rendah dimata orang lain mbak...semoga kita selalu bisa menjaga hati untuk terhindar dari segala sifat yg kurang terpuji ya mbak, amin...

    BalasHapus
  21. Merendah bukan berarti rendah, mengalah bukan berarti kalah, merendah dan mengalah adalah kemenangan yang hakiki.

    BalasHapus
  22. Rendah diri tak mudah dilakukan.. jika kita terlalu bangga dan puas diri atas apa yang kita miliki.

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !