Laman

Rabu, 16 Desember 2009

10 Kiat Bersabar dalam mendidik anak bagian dua



K ita lanjut kembali bagian kedua dari 10 kiat bersabar dalam mendidik anak ,mungkin untuk yang belum membaca bagian pertama silakan baca disini.

~10 kiat bersabar dalam mendidik anak
_________________________________

~ 2.Merubah Tanpa Kritik Pedas
_______________________

Anak -anak sering mencari perhatian orangtuanya .Dan mereka pandai 'menemukan titik lemah 'orangtua.Misalnya ,ada orangtua tidak tega dan akhirnya menyerah pada permintaan anak jika anaknya sudah menangis.

Sebagi orangtua yang berpikr positif,berikan anak perhatian saat anak bertingkah laku baik.Usahakanlah tidak terlalu berlebihan memperhatikan tingkah laku negatif,karena akan membuat anak mengambil kesimpulan bahwa daripada tidak diperhatikan lebih baik dimarahi.

Kritikan yang dilontarkan pada anak terus menerus akan membuat anak kehilangan rasa percaya dirinya.Mengkeritik tetap dibutuhkan tapi terlalu banyak tetap tidak baik.

Berikut ini beberapa pendekatan dalam mengkeritik :

* Beritahukan nama perasaan
________________________

Jika anak kita marah ,sampaikan kepada anak nama perasaan yang sedang dialaminya.

~ Contoh:

Sari ,4 tahun ,tiba-tiba melemparkan seluruh mainannya.Sari merasa ibu tidak mendengar permintaannya karena pada waktu yang sama ibu sedang menerima telpon.

~ Yang harus dilakukan :

Hindarkan meng-counter tingkah laku secara langsung .Segeralah mencari titik temu dengan menamai perasaan sari.

"Oh,maaf sayang . Ibu tahu kamu sedang marah sampai melempar semua mainan kedinding. Marah boleh tapi tidak lempar-lempar mainan,"sambil langsung mengambil mainan di sekitar anak yang sudah dan akan dilempar.

* Tunjukan ciri positif anak
______________________

Daripada mengeritik anak karena kesalahan lebih baik tunjukan ciri positif anak.

~ Contoh :

Ibu Retno,tahu pasti tentang kelakuan Fakhri akhir-akhir ini di sekolah .Laporan -laporan tidak mengenakkan sudah diterimanya dari 'intel-intel'nya,seperti bapak guru dan teman-teman Fakhri.

~Yang harus dilakukan :

Hari ini dan insyaallah juga hari berikutnya ,ibu Retno akan menyambut Fakhri pulang sekolah dengan lebih baik.Salah satunya adalah melalui obrolan ringan ketika makan siang bersama .

"Eh,ibu kaget lho sama kamu tadi disekolah .Biasanya kamu dapat bermain baik dengan teman-temanmu."

* Jelaskan harapan kita

Salah satu tingkah Ghifari yang kurang disenangi bundanya adalah bermain dengan suara berisik ketika bundanya menelpon.Ghifari tahu betul,bahwa bunda pasti marah dan ngomel kalau ia bersikap demikian.Anehanya ,meski bundanya sering marah dengan ketus,Ghifari tidak merasa perlu merubah kebiasaannya.Bahkan akhir-akhir ini ,suaranya lebih berisik dari yang sudah-sudah.

~Yang harus dilakukan :

Cobalah berhenti mengomel dan mengobral rasa marah dengan kata-kata menjemukan anak-anak.Dekatilah Ghifari dan ucapan perasaan kita dengan kata yang jelas.

"Bunda ingin kamu main tidak dengan suara keras .Karena bunda akan menelpon tante Mela."Jangan lupa memberikan pujian ketika anak mau diajak kerjasama.

* Kritiklah tingkah laku anak bukan anaknya
___________________________________

Ini sesuatu kelumrahan memang.Sering kita,sebagian besar orangtua ,biasa dalam memberikan kritik pada anak.Tanpa sadar yang kita kritik adalah anaknya bukan tingkah lakunya.

~ Contoh :

Azmi,7 tahun,terkenal keras dan suka bertengkar dengan teman-temannya meski ia berbadan kecil .Saking kerasnya,sebagian temannya menganggap Azmi kasar dan ga enak diajak main.

~ Yang harus dilakukan :

Lebih baik kita mengatakan "Tidak baik bertengkar terus dengan teman "( mengeritik tingkah lakunya ) dari pada "Kamu jelek banget deh kalau bertengkar dengan temanmu"( mengeritik anaknya ).

Ini adalah sebuah paradigma baru yang harus dibiasakan sehingga kita terlatih untuk memisahkan tingkah laku dan pelakunya.

Kalau kita biasa mengecam anak bukan tingkah lakunya ,maka bersiap-sipalah melupakan cita-cita bahwa kelak anak anda akan menjadi yang bijak ,ramah, arif dan tidak pendemdam.Peneliti mengatakan anak-anak yang dibesarkan dengan kecaman /kritikan kepada pribadinya akan mengalami kendala dalam bermasyrakat.

Bagian ketiga kita lanjutkan pada postingan yang akan datang.....

***


33 komentar:

  1. siip mbak...ga sabar nunggu bagian ketiganya, wah..banyak belajar jadinya aku nich, secara mbak anaknya bejibun tapi bisa terdidik dg baik sma mbak,hehe...bener2 learning by doing :)

    BalasHapus
  2. Siiip...tunggu kelanjutannya,semoga bermanfaat ya mba...

    Alhamdulillah dngan anak bejibun diberikan kebarokahan dengan dimudahkannya merawat mereka ,semua Karena Allah...

    BalasHapus
  3. Ke tanah abang beli mangga
    Harganya 7 juta
    Lama tak bersua
    Bagaimana kabar saudara?
    (Pantun: mode LEBAY)

    Salam ‘Blog’!!
    Wah rasanya sudah lama sekali saya tidak berkunjung ke rumah manisnya mba Latifah Hizboel . MASIH INGATKAH DENGAN SAYA??? T_T
    Wah, tampaknya semakin berbobot aja nih…capcus banget artikelnya….Capcusssss…. ^_^ (terharu…)
    Ngemeng2 ttg postingan di atas:
    Nice share.. Pasti bermanfaat nih…terutama untuk saya nanti kalau sudah menikah, dan punya banyak anak…Hahahahaha…
    Yah, sesungguhnya kita harus jadi sebuah kerang dan mutiara yang mengisi jiwa si anak… Pribadi anak menunjukan keluarbiasaan orang tua ..

    -_-_-_-_-_-_-Cosmorary Kembali-_-_-_-_-_-_-
    -_-_-_-_-_-_-Membawa Sensasi-_-_-_-_-_-_-
    -_-_-_-_-_-_-Semarakan Blogawi-_-_-_-_-_-_-
    -_-_-_-_-_-_-Penuh Warna-warni-_-_-_-_-_-_-

    **Oh ya mba,,,,mampir ke gubuk saya yukkk,,,,,biar jelek, tapi sya punya picisan buat mba......APAAN tuh??? Liat aja deh.....nyok^_^…….
    Jaga badan selalu, setiap hari, biar tetap sehat, supaya tetap bisa bloging, writing, posting, walking, praying, eating, singing, and ngisssssing, ops…sory…

    BalasHapus
  4. aduh ketinggalan kereta nih.
    Saya belum baca yang pertama, Teh.

    BalasHapus
  5. Siiip, Teh. Kita saling mengingatkan ya. Terus berbagi info parenting ya Teh. Saya belajar dari Teteh soal pengasuhan anak.

    BalasHapus
  6. wah, ternyata dalam mendidik anak gampang2 susah ya, mbak.

    BalasHapus
  7. catat dulu akh. biar bisa diingat. hehhe

    BalasHapus
  8. alhamdulillah
    ternyata autoscroll juga berhasil di tempat mba

    BalasHapus
  9. Berkunjung ke rumah sahabat mencari ilmu yang bermanfaat..salam

    BalasHapus
  10. selalu ada tambahan ilmu yang bermanfaat ketika saya berkunjung ke sini...

    terima kasih teh... sharingnya.

    BalasHapus
  11. wah mbak, contoh"nya ngena banget...
    mudah"an bisa saya praktekan...kalo udah punya anak jiahahahha~

    BalasHapus
  12. emang punya anak kudu bnyk sabar ingat waktu anak angkat ku kecil2 dulu,sekarang yg satu udah SMA,ke dua SMP,ke 3 TK.smua cowok...yg besar anak orkay tp dr kecil pa jagain waktu itu pa masih SD tp pa seneng ama anak kecil...pa sabar banget ngelayan tingkahnya tp alhamduliliah sekarang masih inget ama pa.tinggalnya udah jauh.yg kedua ama ke3 keponakan sendiri tp pa anggap anak dr bayi merah pa jaga,didik sampai pertama kali bs ngomong perkataan awal nyebut mama sama pa ih bahagianya.walaupun bandel tp gemesin....saat2 nganterin sekolah duh klo gak sabar bs perang...tp akhirnya si anak akan sadar plus minta maaf.tp ama anak emang harus ngomongnya gak sembarangan bs2 si anak ikut2an........

    BalasHapus
  13. bener2 tipe istri/ibu yg baik bwat ank...,

    BalasHapus
  14. ada award untukmu mbak cantikk..:)

    BalasHapus
  15. Pengalaman yang bermanfaat sekali, setelah selesai episode kiat mendidik anak di blog ini, sebaiknya dibuat "Buku Saku 10 Kiat Bersabar Mendidik Anak" Pasti sip!

    BalasHapus
  16. Tidak ada alasan untuk tidak belajar dari pengalaman Ateh...
    udah terbukti koq..
    makasih yah Teh...

    BalasHapus
  17. Selamat Tahun Baru Islam 1431 Hijriah

    BalasHapus
  18. Kiat-kiat yang mantap. Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1431 H. Semoga hari esok yang sukses dan barokah menjadi milik kita semua.

    BalasHapus
  19. Kiat-kiat yang mantap. Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1431 H. Semoga hari esok yang sukses dan barokah menjadi milik kita semua.

    BalasHapus
  20. betul banget mbak.. saya sendiri malah baru tahu hal-hal itu setelah membaca artikel ini.. matur nuwuun.. :)

    BalasHapus
  21. wah informatif nih buat para calon ibu, hehe

    BalasHapus
  22. Wah..kiatnya panjang lebar.
    Mbak, ada kado buatmu. Ambil di Curhat Fanda ya!

    BalasHapus
  23. Jd ingat perkataan guru psikologi sy swaktu SMA;
    bila ada dibesarkan dengan cacian, maka akan menjadi (bla bla bla)
    Sungguh peran ibu teramat besar dalam mebentuk karakter anak. Karakter generasi bangsa, karakter dunia...

    BalasHapus
  24. Kolom komentar susah ya Ummi??mungkin konesi inetnya Ummi lagi lelet down...
    Tp gpp, kunjungannya sudah sangat berarti hehe (agak lebay dikit, hihi)

    BalasHapus
  25. Kolom komentar susah ya Ummi??mungkin konesi inetnya Ummi lagi lelet down...
    Tp gpp, kunjungannya sudah sangat berarti hehe (agak lebay dikit, hihi)

    BalasHapus
  26. ibadah seorang ibu adalah modal bagi lahirnya anak2 yang shaleh yang akan menjadi benteng bagi Ibu Bapaknya kelak di akherat

    Satu tahun sudah berlalu dan entah berapa banyak dosa yang aku tumpuk atau entah berapa banyak pahala yang aku dapat.. tak bisa kuhitung-hitung karena hanya sang Khalik yang mengetahuinya, hanya ada satu do’a yang aku selalu panjatkan padaNya, “Ya Rabb, berilah hamba kesempatan dan bimbinganMu untuk bisa menjalani tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan berilah hamba tambahan usia yang barokah.. amien”

    SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1431 H

    BalasHapus
  27. tips yang sangat bagus mbak untuk para ibu..

    saya follow mbak

    BalasHapus
  28. alahamdulillah.. bisa kesini lagi saya simpan dulu buat bekal perjalanan hari depan.. makasih mba ateh :)

    BalasHapus
  29. Mampir lagi untuk mengamankan posisi ke-30 heheh..

    BalasHapus
  30. Postingan yang menarik teh.. tentunya ini hasil paduan dari teori dan pengalaman ya...
    Selamat tahun baru 1431 H.. semoga segalanya akan jadi lebih baik dari sebelumnya

    BalasHapus
  31. Tips yang wajib dibaca oleh para ibu dan calon ibu nih

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !