Laman

Selasa, 10 November 2009

Sabar Itu Indah ( kilaunya bagai intan berlian)


S aya terheran-heran bila ada orang yang mengatakan "jangan terlalu baik jadi orang, nanti dibodohin ".Padahal dalam kebaikkan apapun itu pasti akan membuahkan keindahan.Dalam kesabaran seseorang aura kebaikkan dari sifat nya akan menjadi atribut yang melekat. Kesabaran dan kebaikkan seseorang itu terkadang disalah artikan dikarenakan dia "bodoh" ataupun "tidak tegas".Padahal justru orang tersebut dikarenakan mengalah dan dikarenakan dengan kelembutan hati yang selalu ingin damai.

Alkisah...Ada dua orang wanita dengan sifat dan watak yang sangat jauh berbeda ibarat bagaikan bumi dan langit,sebut saja Wati dan Rani.Mereka berdua bersahabat.Wati yang keras dan sombong selalu ingin menang sendiri dalam segala hal ,katakanlah Wati ini egois (Ananiyah ).Sedangkan Rani sabar dan lembut,selalu mengalah dan diam tak banyak bicara.Pada suatu hari ,Karena kesombongan Wati didepan teman-temannya dia menyombongkan Hari sebagai kekasihnya .Padahal Hari itu adalah kekasih Rani,Rani yang mendengar ocehan Wati hanya terdiam .Walau hatinya terbakar ,tapi karena kesabarannya dia membiarkan Wati berkicau.Tidak lama Hari yang sedang jadi pembicaraan pun datang menemui Rani dengan mesra ,Alhasil teman-teman Wati terkaget dengan pemandangan itu ,karena sudah terpengaruh ocehan Wati mereka emosi melihat pemandangan yang mengganggu itu ,ditegurlah Rani dan Hari .Hanya tersenyum Rani dan Hari membalas teguran mereka dan menjelaskan duduk permasalahan yang sebenarnya ,Wati yang sedari tadi diam karena merasa malu akhirnya pergi meninggalkan tempat itu.

Dengan kesabaran Rani menghadapi Wati bukan berarti dia tidak tegas dan karena dia bodoh ,melainkan mengalah karena sia-sia menghadapi orang semacam Wati.Tak ada guna ,hanya umpatan orang bila menghadapinya dengan emosi. akhirnya pujian dan sanjungan dari teman-temannya wati pun menghampirinya.Dan Wati hanya menjadi olok-olok dari hasil kesombongannya itu.

Kesabaran dan kecerdasan emosional berkaitan erat.Bila seseorang pintar secara intelektual tapi tidak diimbangi dengan kecerdasan dalam emosional,maka kharismatik kecerdasan intelektual akan hilang.Dan sebaliknya bila seseorang itu tak memiliki kecerdasan dalam intelektual tapi secara emosi seseorang cerdas ,contoh dapat menahan diri dari amarah sebesar apapun dalam artian Sabar ,maka aura indah terpancar dalam diri seseorang itu.

Hanya setitik contoh saja dari sebuah hasil kebaikkan dan kesabaran seseorang ,jadi.. lebih baik dikatakan bodoh atau dikatakan tidak tegas, dari pada pintar tapi mempunyai sifat yang buruk .Karena pintar dalam sifat keburukkan seseorang akan membawa kepada malapetaka.dan karena kelicikkannya dalam membodohi orang lain .Sabar itu termasuk sifat Mahmudah (sifat yang baik ),dan sombong ,iri dan dengki termasuk sifat mazmumah (sifat yang buruk ).

Apakah kita sudah sabar dalam menghadapi hidup dari hal-hal yang membuat kita emosi ?... sedangkan hasil dari Sabar itu indah lho...

*************


Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.Al-Quran > Al-Baqoroh > Ayat 153

**************

19 komentar:

  1. Sabar adalah sebuah kata yang mudah untuk diucapkan, namun sulit merealisasikannya. Betapa banyak ikhwah yang bergelimpangan, menyerah di jalan dakwah karena kurangnya rasa sabar ini.

    Rani adalah sosok yang berhasil menggunakan kecerdasan emosinya dan menumbuhkan kesabaran dalam dirinya.

    BalasHapus
  2. salam sahabat
    sebuah artikel yang memberikan cermin bermakna..thnxs ya kak..good luck

    BalasHapus
  3. Sabar memang sangat indah Bunda, seindah artikel ini. Terima kasih,pagi2 sudah disuguhi artikel yg bernutrisi begini ^_^

    BalasHapus
  4. Ya Allah jadikanlah kami orang yang selalu sabar seperti dalam firmanmu (Al Baqoroh 153) ...Amin!
    Rasulullah Saw bersabda, "Barangsiapa yang selalu melatih dirinya untuk bersabar, maka Allah akan membuatnya menjadi penyabar."

    BalasHapus
  5. sabar itu kata yang mulia dan sering disebut di qur'an

    BalasHapus
  6. Kisah yang sangat memberi pencerahan semoga dengan bersabar kita menjadi kekasih Allah dan Rasul di Hari kemudian

    BalasHapus
  7. Sabar adalah kemampuan manusia untuk bertindak dan bersikap dengan hati, bukan emosi! Sabar selalu menggantungkan urusannya pada Ia Yang Maha Satu. Bukan pada orang lain, bahkan dirinya sendiri.
    Sabar teruntai sempurna dalam kaliah dzikir:
    Laa haula walaquwwat illa billah

    BalasHapus
  8. salam saudaraku,
    sabar kadang-kadang menyakitkan, tapi ada nilai keindahan yang tidak terkata.
    artikel ini baik sekali untuk kebersihan jiwa dan kecerdasan minda, saya senang mendapat pengetahuan disini...

    terima kasih, semoga mendapat barokah dariNya.

    BalasHapus
  9. Sabar dan ikhlas.. adalah kekuatan dahsyat yang ada dalam hati kita.. kalau kita bisa melakukannya... tapi ya ampun susahnya..

    BalasHapus
  10. Sifat sabar adalah salah satu sifat yang paling banyak dimiliki oleh orang-orang calon penghuni surga.

    BalasHapus
  11. ibarat kata embahku "becik ketitik...olo ketoro"
    hayyah, pinjam google dalam bahasa jawa untuk terjemahnnya yaaaa
    ! good inspirasi!

    BalasHapus
  12. sabar,... gak ada salahnya dgn sabar ^_^
    hehe,... sifat dan sikap yg seharusnya kita miliki ya teh.

    meskipun,gak mudahhh..... ^_^

    BalasHapus
  13. memang lebih baik mendiamkan diri terhadap masalah2 tg gak penting,pun akhirnya nanti akan terbuka kebenaran.Tuhan kan maha adil takan membiarkan umatnya teraniaya.dengan sabar akan menenangkan hati kita

    BalasHapus
  14. Ya gak usah heran teh, yang penting jalankan keyakinna kita. Bahwa berbuat baik itu wajib kita lakukan, setidaknya itu yang diajarkan semesta ini, juga Dia. Nice post.

    BalasHapus
  15. sabar....sabar....sabar...
    sabar ikut membaca secuil kisah diatas.
    thanks teman.... btw salam dari surabaya

    BalasHapus
  16. sabar ya
    sabarya
    setiap kebaikan selalu dibalas Sang Maha Baik

    BalasHapus
  17. Apapun yang terjadi, bagaimanapun keadaan yang ada, tetaplah baik terhadap orang. Apapun.

    BalasHapus
  18. nice sharing bug, sabar memang tak ada batasnya

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !