Laman

Selasa, 08 September 2009

Kumpulan Kalam Hikmah





1 . Jangan berambisi untuk memiliki dan menguasai sesuatu apapun, raih dan cintai sesuatu itu atas dasar memelihara amanat dan anugerah Allah. Oleh karenanya, jika ingin dicintai Allah maka jangan berpaling kepada selain diri-Nya dan jika ingin dicintai makhluk maka jangan mengharapkan yang ada padanya..!!!

2. Bagi orang yang rindu perjumpaan dengan kekasih Allah, hari Jum'at adalah kesempatan untuk memperbanyak baca Shalwat Nabi..!

3. Sabtu adalah hari diturunkannya Nabi Adam dari Syurga dan juga para Syaitan yang selalu mendatangi manusia untuk berbuat kufur kepada-Nya.. Memperbanyak bacaan dan zikir Istighfar adalah sebagai amalan yang paling baik untuk menjernihkan jiwa dan akal pikiran.

4. Ahad itu bahasa arab yang berarti satu. Maka hari ahad berarti hari pertama dalam putaran sepekan. Mengawali perjalanan hari sebaiknya zikir "SUBHANALLAH" sebanyak mungkin (minimal empat ribu di dalam hati). Semoga Allah memberikan kejernihan hati, jiwa dan akal pikiran dalam perjalanan sepekan mendatang, sehingga dalam menghadapi persoalan hidup tetap bersikap tenang yang pada akhirnya mendapat solusi dari-Nya..!!

5. Hari senin sebagai awal hari dimana orang-orang bergegas menjemput rezeki Allah. Oleh karenanya, jadikanlah kalimat "ALHAMDULILLAH" sebagai zikiran dihari Senin ini. Insya Allah dengan memperbanyak zikiran tersebut, Allah akan melimpahkan rezeki yang berkah dan penuh rahmah..!

6. Banyak orang yang mempercayai bahwa hari Selasa adalah hari NAAS, sehingga tidak sedikit orang membatalkan untuk bepergian, perayaan bahkan transaksi dalam bisnis. Padahal Allah menciptakan semua hari itu baik. Karenya perbanyak baca TAHLIL yaitu kalimat thayyibah "LAA ILAAHA ILLAA ALLAH". Yakinilah, hanya Allah dengan kekuasaan-Nya dapat merubah sesuatu jadi atau tidak..!!! .

7. Zikir "ALLAHU AKBAR" pada hari Rabu dapat dijadikan senjata untuk memperdaya segala bentuk ilmu hitam dan sekaligus juga sebagai tameng dari rayuan syaitan..!!!



8. Serahkan segala urusanmu pada Allah, karena semua urusan muaranya hanya pada kehendak dan kekuasaan Allah. Usaha dan ikhtiar bagi seorang hamba itupun atas dasar kehendak-Nya dan semua kejadian yang berlaku di alam semesta juga atas dasar kekuasaan-Nya. KH4.

9. Mencari teman memang mudah apabila untuk hura-hura, tapi sungguh susah mencari teman untuk menjadi saudara seiman. Berjalan menuju Allah, saling mengingatkan, saling memberi nasihat dalam menghadapi persoalan hidup. Teman seiman ialah saudara Ruhaniah yang menerima dirimu apa
adanya, baik maupun buruk, senang maupun susah..!!!

10. Hidup tak ada yang sempurna, banyak hal yang tak sesuai dengan harapan, tapi yang paling baik dalam menyikapinya ialah: "Menerima apa saja yang Allah turunkan untuk kita walau hal tersebut tak sesuai dengan harapan kita."

11. Jangan mengharapkan sesuatu dengan nafsumu, karena sesuatu yang diharap terkadang dapat mengotori dan merusak hati. Jangan pula menolak sesuatu yang datang kepadamu walau dirimu tak menginginkannya, karena yang datang kepadamu bisa jadi baik untukmu dan masa depanmu. Sikap yang baik dan benar untukmu ialah berserah diri sepenuhnya pada Allah, hal itu lebih baik untukmu dalam membersihkan hati dan jiwamu..!!!

12. Hati orang yang beriman adalah rumah Allah yang tak boleh diisi oleh apa atau siapapun kecuali sang empunya rumah. Bebaskan jiwa dan pikiran kita dengan pandangan lurus hanya kepada Allah, agar mata batin kita tetap jernih dalam memandang dan menjalani anugerah besar Allah yang bernama KEHIDUPAN.

13. Secara kodrati manusia dianugerahi nafsu dalam dirinya, yang dapat membawa seseorang menuju kebaikan atau bahkan sebaliknya menuju kesesatan. Oleh karena nafsu bersifat kodrati maka ia tidak mungkin dibunuh dan dimusnahkan, melainkan ditaklukkan dan dikelola dengan penuh kesadaran dan keimanan yang baik agar kita selamat dunia dan akhirat. Salah satu cara menaklukkan nafsu ialah dengan jalan Zikir kepada-Nya..! KEHIDUPAN. .

14. Keinginanmu terkadang tidak sama dengan ketetapan Tuhan. Ketidak puasanmu menerima hidup apa adanya sebagai tanda nafsu telah menguasai jiwa dan hati yang menyebabkan kian jauhmu dari-Nya. Maka kendalikan hawa nafsumu dengan bimbingan syariat dan hakikat agar hati dan ruhmu tetap suci dalam genggaman Tuhan. Yakinilah bahwa apapun yang ditetapkan Tuhan itu pasti baik untukmu.


selengkapnya ada disini

21 komentar:

  1. Assalamualaikum, pagi..pertama gak ya?

    BalasHapus
  2. Terimakasih ya mbak udah mempostingnya di sini. Aku save nih.

    BalasHapus
  3. Tausiyah yang indah, seperti biasanya.

    BalasHapus
  4. komplit banget mbak hikmah2nya... makasih ya... salam terkasih...

    BalasHapus
  5. Terima kasih ntuk tausiah manis yang telah membuka pagi dengan Indah ini.

    Mari kita sholat Duha

    BalasHapus
  6. Kalam2 Illahi yg wajib kita lafalkan dlm hati tiap harinya....
    makasih mbak....

    *tp, ada yg salah mbak, no. 8 itu tgl dan bulannya kan udah lewat...

    ^_^

    BalasHapus
  7. Semua hari sesungguhnya baik semua.
    Tinggal cara kita mengisinya.

    Baik hari itu bila kita isi dengan kebaikan.
    Jahat hari itu bila Kejahatan adalah amalannya.

    Yang terpenting selalu ingat pada-Nya.
    Maka jauhlah yang Jahat.
    Dan semakin dekat piuntu syurga pada kita.

    Pertanyaannya adalah :

    Saya sudah GITU belum ?
    Hiksssss Toloooonggggg.

    BalasHapus
  8. @ Ivan : Silakan semoga bermanfaat..
    @ Newsoul :Terimakasih banyak mba..
    @ Cahyadi : kembali kasih pak..
    @ Kabasaran :ayo pak kita sholat duha hehe..
    @ Tisti : oh iya mba maaf ya,nanti saya perbaiki.Tulisan ini status suamiku Hizboel wathony di fb jadi saya copas ,dan hari/tnglnya ada yg tidak keedit.semua tulisan ada hari /tglnya .tapi sudah saya edit..makasih ya mba..
    @ Ari :betul kang..karena itu dilengkapi dengan mengingat Allah dng dzikir setiap harinya..
    semoga udah seperti itu..toloong,hehe

    BalasHapus
  9. Makasih banyak Atas Tauziyah ini teh,.... Salam hormatku buat Al-Muqarram Hizboel Wathony.

    BalasHapus
  10. @ Kakve-santi : semoga ya..amin.
    @ Seti@wan : kembali kasih bang ..insyalah nanti saya sampaikan salam bang iwan..

    BalasHapus
  11. Wah, tenks banget mbak....

    BalasHapus
  12. Mampir ngeteh sepulang tarwih,.... moga sehat dan sukses selalu.

    BalasHapus
  13. Tausiah yg membawa pencerahan ,segera aku amalkan mbak. Oya mbak lp mis call ya ku tunggu ya...trims utk semuanya.

    BalasHapus
  14. bener banget.. jangan mengharapkan apa yang dimiliki dari nya :(

    BalasHapus
  15. petunjuk yang bagus neh mba
    no 7 tuh perlu
    lagi banyak setan neh ditempatku
    hehehehehe
    alias banyak godaaan

    BalasHapus
  16. ►►► FANs Blog ini ◄◄◄10 September 2009 06.19

    Mabk ijin Print ya :) tapi kok engga' ada fasilitas print-nya..?? ya udah CoPAs saj di Word... Makasih mbak

    Lolids HeRe

    BalasHapus
  17. Mampir cari kolak biji salak lagi neh he he...

    BalasHapus
  18. pelajarn yang berharga dan mesti jadi perenungan diri....

    "Harapkanlah pertolongan-NYA, dengan memberikan pertolongan terhadap sesamamu"

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !