Laman

Minggu, 02 Agustus 2009

Cinta Dalam Kamus Arab


K arna pemahaman yang mendetail tentang masalah { cinta } ini sangat penting dan telah melekat kuat dalam hati mereka{ orang –orang arab } ,maka penanaman terhadap kata cinta pun sangatlah banyak { beragam } .Inilah kebiasaan mereka .Ketika mereka merasa bahwa suatu hal itu sangat penting ,maka lintasan-lintasan yang ada di dalam hati mereka pun berkembang .Ini merupakan ungkapan pengagungan ,perhatian dan cinta atasnya.”

-Ibnu Qayyim Al-Jauziyah-

Dalam lisan bahasa arab ,terdapat banyak istilah yang sering digunakan utuk mengungkapkan cinta ,diantaranya :

@ Al-Hawa ,kecendrungan jiwa pada sesuatu

@ Al-‘Alaaqah ,cinta yang bersemayam dalam hati

@ Al-Kalaf ,Kesenangan akan sesuatu ,disertai pergolakan hati serta derita akibat cinta yang mendalam .

@ Al-‘Isyq,cinta yang berlebihan .Merupakan bagian cinta yang paling pahit dan buruk .Al-‘Aasyiq disebut ‘Aasyiqan karena ia layu karena kekuatan cinta .Sebagaimana layunya tumbuh-tumbuhan yang menjalar .Sebatang pohon hijau jika dipotong akan layu dan menguning.

@Asya-syaghaf ,naiknya cinta kepuncak hati ,Asy-syagghaaf:sesuatu yang menutupi { cover } atau disebut juga mata hati .Sebagaimana firman Allah swt ,dalam Al-Qur’an ,” Sesungguhnya cintanya kepada { yusuf } itulah sangat mendalam .” { YUSUF : 30 }

@ Asy-sya’f ,Cinta yang mendalam .Syaf’ah :puncak gunung .Ada yang mengatakan “ Syafa’a bi fulan “ yang berarti cintanya naik ketempat tertinggi didalam hati .Ada juga yang mengatakan asy-sya’f: terbakarnya cinta yang ada didalam hati.

@AL-Jawwi,nafsu yang tersimpan ,membara dan gejolak jiwa yang disebabkan kerinduan atau kedukaan .

@At-Tayyum,pengabdian.Mutatayyim: orang yang mengabdi ,yang dikendalikan oleh cinta dan diperbudak oleh hawa nafsu.Ibnu A’raby mengatakan “ Orang akan merasa diperbudak jika ia dirndung kerinduan ,dan jauh dari orang lain .

@At-Tadalluh ,hilangnya kemampuan berpikir karena nafsu cinta .Ad-Dallah : hilangnya akal karena kedukaan yang menadalam ,sebagaimana hilangnya kemampuan berpikir seseorang karena kerinduan dan sebagainya .

@Al-Hiyyum ,rasa haus yang sangat

@Al-Hayyam : orang yang gila karena rindu .Makna kata ini serupa dengan kata at-tayyim ,at-tabl,ad-dallah yang memiliki makna kehilangan unsure kebahgiaan .

@Ash-Shababah ,kelembutan rasa rindu dan gejolaknya .

@Al-Maqqoh ,rasa cinta .Al-Wamiq : orang yang sedang jatuh cinta .

@Al-Wajd,cinta yang diiringi kedukaan .
Ad-danaf,derita.orang arab menggunakan kata ini untuk mengungkapkan cinta yang sedang bersemi .

@A-sy-Syajw,cinta yang diiringi kegelisahan dan kedukaan.

@Al-Balbaal, kegundahan dan bisikan hati.

@Al-Gharah, kepedihan karena cinta /mabuk cinta.

@Asy-syajin, hasrat menyintai yang lebih besar dari pada yang dicintai..

@Al-Washb, kepedihan cinta dan atasnya.

@Al-Kamid, kesedihan yang tersembunyi .

@Al-‘Araq ,kebutuhan akan cinta.

@Al-Haniin, kerinduan yang penuh dengan kelembutan.

@Al-Junuun,gila karena cinta,

@Al-Wudd, cinta suci ,yang paling lembut dan penuh kasih sayang.

@Al-Khullah, penyatuan cinta dengan seluruh unsure jiwa.Bisa juga diartikan sebagai persahabtan yang khusus tanpa ada konflik didalamnya.

@Al-Gharaam, kesenangan dan perasaan cinta yang bersemayam .

@Ash-Suhd, begadang hingga muncul bayangan sang kekasih di dalam hati.

@Al-Gall, kerinduan yang mendalam .

@Al-Lahf,kesedihan dan penyesalan.

@AT-Tabalah, derita cinta.

@Al-Lau’ah ,gejolak cinta.

@Ad-Daa’al-Mukhaamir,diantara sifat cinta.
Mukhamir berarti percampuran antara hati dan ruh.

Semoga istilah kata-kata dalam bahasa arab ini bermanfaat untuk yang membutuhkannya.

**Kisah cinta yang paling agung adalah kecintaan cinta terhadap dirinya sendiri.**

Sumber Dari buku Cinta Sejati ditulis oleh Dr.Shahba’Muhammad Bunduq penterjemah Abdurrochim

23 komentar:

  1. Banyak nian ungkapan cinta di sini... ^_^
    Jadi belajar banyak nih, mbak.

    BalasHapus
  2. ternyata banyak juga kalimat cinta yg indah didalam bahasa arab ya teh...?

    teteh,apa kabar ?
    semoga sellau sehat yah... ^_^
    salam sayang dan kangen slalu dari adikmu teh...

    BalasHapus
  3. mutiara hikmah dalam samudera kata. top banget. bahasa dan kesusastraan arab memang banyak menyimpan ilmu. makasih mbak ateh udah membaginya di sini.

    BalasHapus
  4. wah sudah komplit BUANGET ni cinta nya

    BalasHapus
  5. Tapi dalam kamus jawa ...Cinta (tresno) jalaran soko ngglibet..kalau kamus sunda gimana teh...

    BalasHapus
  6. Subhanallah,....
    ternyata penamaan tentang cinta dalam sastra arab sangat komplit.
    Nice posting mbak.

    BalasHapus
  7. @ Reni : iya mbak yuk ungkapan cinta dari kamus arab..
    @ Irma : Alhamdulillah baik ..semoga mbak Irma juga sehat ya.itu yg teteh harapkan .Amiin.Salam sayang selalu juga.
    @ Ivan Kavalera :Makasih kembali mas..POstingan anda juga top banget .
    @ J-T: hmmm..komplit ya? makasih dah mampir ya.
    @ Arena digital :hihi..saya orang sunda tapi lama dijakarta mas..nanti deh saya cari tahu dulu dikamus sundanya.
    @ Seti@wan D:iya betul pak sangat komplit..masih banyak lagi kamus nya yg tidak saya posting .karna saking banyaknya.makasih ya pak.

    BalasHapus
  8. deuh.. mbak Ateh, hebat eui, mengungkap cinta dari negeri Arab sana. Maaf yah mbak, jarang mampir nih :(

    BalasHapus
  9. iya, nih..baru paham istilah cinta dlm bahasa arab, maklum bhs arab yg aku tahu cuma : shabuurotun, madrasatun dan sedikit kata2 benda lainnya..hehehehe..
    thnk's infonya... :)

    BalasHapus
  10. Wah aku ikut yang mana ya???

    cinta itu Al-Khullah walo sebenarnya ada konflik tapi itu adalah bunga dari persahabatan!

    "Sahabat Sejati adalah Istri yang Setia"

    BalasHapus
  11. @ Anazkia : Sayapun minta maaf mbak ga pernah mampir ke blognya mba ana..
    @Tisti Rabbani :Sebetulnya sayapun sama mbak hanya dasar2nya yg saya paham bahasa arab..hehe makasih ya mbak.
    @ Kuliah gratis :Betul mas Surya sahabat sejati itu adalah pasangan kita yg setia

    BalasHapus
  12. mbak, mampir mau ngasih tau. Ada award buat mbak di blog aku: http://curhatfanda.blogspot.com/2009/08/award-khas-para-blogger.html. Tolong diambil ya..

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. detil banget ini.. mantab.. :)
    jadi pengen belajar arab.. :D

    teh udah saya tulis postingan tentang ewot. keluarnya ntar malam ya, terjadwal, biar tertib.. :)
    makasih sekali lagi..

    BalasHapus
  15. @ Lillipery : belajar aja biar tambah mantab hehe..
    ok..nanti aku langsung ke TKP hehe.makasih kembali..

    BalasHapus
  16. Muantabbbb ungkapan cinta Ibnu qoyyim nya...siiip

    BalasHapus
  17. ternyata bahasa cinta itu sangat luas sekali..aku akan tetap semangat menyelami bahasa cinta..heheh

    BalasHapus
  18. Ceuuuuu, Koleksi CINTANYA Di tambahin di DZ, kagak apa2222 kan???? NU...UN

    BalasHapus
  19. trims mbak tambah ilmu tentang macam-macam cinta.

    BalasHapus
  20. thanks ya mba,,,
    jadi nambah pengetahuan...

    BalasHapus
  21. hhmmm...
    banyaqk juga istilah tentang cinta dalam bahasa arab...

    BalasHapus
  22. This is a very good article .. Thank you .. have a great day!.! happy blogging ...

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !