Laman

Selasa, 18 Agustus 2009

Perjalanan Spritual Seorang Hamba

Rabbana aatina fiddunya hasanah wafil aakhiroti hasanatawwaqinaa 'ajaabannarr..aku baru selesai melaksanakan Sya'i..
Aku ,Suami dan teman seperjalananku di depan masjid Nabawi Madinah

A ssalamualaiku wr.wb

Fuji syukur kepada Allah swt yang mana telah memberikan keselamatan dan kesehatan bagi kami dan kemudahan yang selalu kami dapatkan ditanah suci .

Apa kabar semua sahabat yang saya sayangi? Semoga baik pula ya !
Rasanya bahagia sekali bisa bersua kembali dengan para sahabat semua…Hmm,rindu dengan sapaan dan canda kalian sahabat.

Mohon maaf yang sebesar-besarnya saya tidak dapat membawakan oleh-oleh buat sahabat semua.Mungkin oleh-olehnya sebuah cerita dan pengalamanku selama di Tanah suci saja.

Tak ada yang istimewa yang kudapat disana ,tapi yang kudapat adalah keistimewaan nikmatnya hati bertemu denganNYA…

~Dalam penantian

Ketika tetes air sulit didapat
Hati bergolak dalam penantian
Di bawah lengkung langit
Tergetar rasa
Meski jauh sekali rentang jaraknya

Madinah 10 agustus 2009

Hari pertama aku sampai di kota Madinnah ,rasanya kaki melayang tak menapak.Hati bergetar ,wajah menunuduk air matapun berlinang…

~Getar Rindu di Nabawi

Dialtar masjid Nabawi
Aku bersimpuh
Gusti…
Ini sendi bergetar
Menetes lewat poriku
Dalam diam kau lebih dekat
Dari urat leherku

~Tasbih

Dalam setiap hembusan nafas
Selalu ada Kau
Mengisi rerongga paruku:Ya-Ilahi

Madinah 10 agustus 2009

Ketika aku ziarah ke Makam Rasulullah …terletak disudut timur masjid Nabawi yang dahulu disebut Maqshurah .Dahulu ditempat tersebut terdapat dua rumah ,yaitu rumah nabi SAW bersama Aisyah dan rumah Ali dan Fatimah.Sejak Rasulullah wafat pada tahun 11 hijriyah { 632 m } rumah Nabi Saw terbagi dua, yaitu bagian arah kiblat { selatan } untuk makam Nabi SAW dan yang bagian utara untuk tempat tinggal Aisyah.

Pada tahun 678 H{ 279 M} diatasnya dipasang kubah hijau { Green Dome } sampai sekarang .Jadi persis dibawah kubah hijau inilah jasad Rasulullah di makamkan.Jika jamaah berziarah kemakam Nabi Muhammad SAW,maka akan ziarah pula kemakam dua sahabat beliau Abu Bakar RA dan Umar Ibnu Khattab RA.Yang dimakamkan disebelah makam Nabi SAW,maka lokasi dimana dahulu terdapat rumah nabi yang kini dijuluki “ makam3 manusia mulia “.Setelah masjid Nabawi diperluas ,makam tersebut dimasukkan kedalam bangunan masjid .Pada bangunan ini terdapat empat buah pintu.
1.Pintu disebelah kiblat dinamakan At-Taubah
2.Pintu sebelah timur dinamakan Fatimah
3.Pintu sebelah utara di namakan Tahajjud
4.Pintu sebelat Barat ke Raudah sudah di tutup

Raudah
Adalah nama tempat yg ada didalam masjid Nabawi ,yaitu antara makam Rasul SAW dan Mimbar.Luasnya sekitar 144 meter persegi yang sekarang ditandai dengan pilar-pilar berwarna putih dan lantainya dihiasi permadani yang cantik dan unik Raudah juga disebut taman syurga berdasarkan pada hadits Nabi SAW yg berbunyi :

“Diantara rumahku dan mimbarku adalah sebagai taman surga “ .Mutaffaqun ‘Alaih.

Pengertian Raudah sebagai taman syurga pada hadits diatas terdapat beberapa pendapat ahli ,antara lain sebagai berikut :

• Bahwa Allah SWT menurunkan rahmatnya dan berbagi kebahagiaan ditempat itu ,karena ditempat itu dilakukan dzikir dan ritual kepada Allah SWT ,yang karenanya tentu saja dijanjikan surga.
• Tempat itu kelak setelah kiamat benar- benar akan dipindahkan oleh Allah SWT ke Surga ,hingga ia menjadi bagian dari taman surga yang hakiki.
• Orang-orang yang pernah berdoa di Raudah akan melihatnya di surga.

Tak lupa doaku dan salam sahabat kusampaikan pada Rasulullah SAW….

~Lukisan Rasa

Gejolak rasa di Raudah
Pahala semerbak membias
Mata tertegun
Hati pecah menawan
Mahabbah…!
Betapa sulitnya
Melukis perasaan dengan kata

Madinah 11 agustus 2009

Perjalanan menuju masjid quba “ Barang siapa mengunjungi masjid Quba dari rumahnya dalam keadaan berwudhu dan melaksanakan sholat dua rakaat ,akan mendapat ganjaran seperti pahala Umroh”
Inilah mesjid yang pertama dibangun oleh Rasulullah SAW tepatnya 20 september 622 masehi .Masjid ini yang menjadi contoh pembangunan masjid-masjid lainnya.Terletak 5 Km sebelah barat daya kota Madinah.

~Rindu

Dua rakaat dimesjid Quba
Menitik air mataku
Disela-sela sajadah
Menahan getir rindu
Akan Kau
Yang mengisi seluruh sendiku

Madinah 12 agustus 2009

Masjid Qiblatain ,artinya dua arah kiblat .Masjid ini semula dikenal dengan nama masjid Bani Salamah.Pada mulanya kaum muslimin dalam sholat menghadap ke Baitul Maqdis Yerussalem { palestina }.Pada tahun ke 2 Hijrah ,ketika rasulullah tengah shlat dzuhur ,tiba-tiba turun wahyu surat Al-Baqoroh ayat 144 yang isinya memerintahkan nabi Muhammad dalam shalat kembali menghadap Masjidil Haram di Mekkah.

~Kau selalu ada

Dikiblatain
Lewat rasul kau balik kiblat
Seperti sebuah putaran
Arahkupun berbalik
Tanpa melepaskanmu
Karena kau akan selalu ada
Dimanapun arah kuputar

Madinah 13 agustus 2009

~Selamat tinggal Madinah

Sebentar lagi aku berbenah
Kukemasi
Menuju sebuah panggilan
….Labbaik…!
kulipat rinduku bersama sajadah
dan kutebarkan sesampai di mekkah
selamat tinggal Madinah
nuansa kotamu telah melekat
erat didalam dada
aku akan kembali
pada panggilan berikutnya

Madinah 13 agustus 2009

Kota Mekkah
{ kota tempat lahirnya agama islam }
Kota mekkah mempunyai nama Mekkah Al-Mukarromah { Mekkah yang mulia } Berada 300 m diatas permukaan laut .

~Semua dibalas

Betapa bermakna setiap kata
Yang terucap
Yang dibatinkan
Semua dibalas seketika
Inilah perjalanan ditanah ilahi
Rab,
Ternyata aku cuma debu

Mekkah,14 agustus 2009

~Taubat

Ketika arlojiku berhenti berdetak
Tengah malam
Mataku tertegun
Disuatu tempat terpisah
Laut dan benua
Tertinggal bayanganku: hitam
Tergeletak
Ditikam berkali-kali
Ampunilah aku
Hanya itu yang terucap

Mekkah 14 agustus 2009

~Thawaf

Dalam lingkaran Thawaf
Aku larut
Seperti pusaran air
Menuju suatu hakikat
Dari rindu hingga cinta
Untuk kemudian hilang dalam
Lautan perasaan

Makkah 15 agustus 2009

~Hajar Aswad

Tiga jam menunggu
Dalam sebuah antrian panjang
Untuk menyentuh relungmu
Saat antrian telah sampai
Relungmu hilang,lenyap
Ntah kemana
Sia-siakah ?
Tidak seluruhnya
Saat menunggu adalah saat penuh nikmat
Tetes keringat yang keluar
Melukiskan tekad
Yang sejak awal ditanamkan
Tiga jam berlalu
Aku pulang dengan rasa hampa
Dan bayang relungmu semakin redup saja

Makkah,15 agustus 2009

~Aku ingin Pulang

Aku ingin pulang
Telaga disini tak ada lagi airnya
Gedung-gedungnya tak lagi ramah
Jalannyapun tak lagi rata
Aku ingin pulang
Waktuku telah hampir sampai
Rinduku telah memenuhi pori
Satu babak telah usai
Aku ingin pulang
Memulai babak berikutnya
Bergumul dengan warna yang
Kau berikan
entah hitam
entah putih

makkah,15 agustus 2009

Hanya ini saja oleh-olehku sepintas dari Tanah suci ,semoga aku diberi haji yang mabrur amiin….

51 komentar:

  1. Subhanallah,....
    Bergetar hati ini membaca jejak perjalanan spiritual Ateh dan keluarga.

    Semoga saya bisa menyusul berkunjung kesana, Amin.

    BalasHapus
  2. Indahnya.....
    Ceritamu menggetarkan hatiku...

    Doakan aku kawan, semoga aku bisa memanjatkan doa di Raudah, berlarian di antara sa'i dan marwah serta mengelilingi Rumah Allah 7x banyaknya.
    Insya Allah....

    BalasHapus
  3. waduh koment nya keduluan ma setiawan n rabani. tp ga papa, cos aq tunggu postingnya mpe ketiduran.

    Subhannalloh.
    Hanya kebesaran dan ridho Allah hingga membuat kita terpanggil untuk bersujud kepada-Nya di tempat dimana setiap muslim mendambakan untuk datang.

    Akhirnya posting pamitan di bayar lunas dengan oleh2 yang mengetarkan hati.....

    BalasHapus
  4. Wah sudah pulang ya, mbak? Kayaknya setiap waktu mbak masih teringat untuk menulis ya? Sehingga rangkaian cerita itu bisa terposting bersama-sama.

    BalasHapus
  5. alhamdulliah sampai jua ke sana..
    bila kah saya dapat ke sana

    BalasHapus
  6. @ Seti@wan D: Insyaallah akan menyusul paksemoga amiin..
    @ Tisti Rabbani : Diraudah aku berdoa untukmu mba...
    @ Kang Dwi : Telat sih datengnya padahal udah aku kasih tahu duluan dari pada yang lain..
    @ Fanda : semua kutulis di tanah suci mbak..
    @ Beruawang : Alhamdulillah..semoga akan segera menyusul ya..

    BalasHapus
  7. ~Aku ingin Pulang

    Aku ingin pulang
    Telaga disini tak ada lagi airnya
    Gedung-gedungnya tak lagi ramah
    Jalannyapun tak lagi rata
    Aku ingin pulang
    Waktuku telah hampir sampai
    Rinduku telah memenuhi pori
    Satu babak telah usai
    Aku ingin pulang
    Memulai babak berikutnya
    Bergumul dengan warna yang
    Kau berikan
    entah hitam
    entah putih

    Duh ....indahnya lukisan rasa ini...
    Lidah kelu ...tanganku kaku ..air mata mengalir.

    Labaikallah hummalabaika....
    Aku rindu lagi padamu ya Baitullah ....
    Rindu yang serasa berdarah-darah ....

    very nice sharing....
    sungguh

    BalasHapus
  8. syukur alhamdulillah udh kembali ya mba, perjalanan bathin yang sangat menyenangkan, tentunya membuahkan hikmah baik yang tiada terkira.

    perjalanan yang luar biasa dengan catatan yang luar biasa pula, membuat rasa jadi bercampur haru dan bahagia.

    selamat datang kembali mba dan semoga menjadi haji mabrur, amiin.

    BalasHapus
  9. Pengalaman haji, ada atau gag, esoteris atau gag.. sama sekali bukan ukuran untuk dijadikan atau dinilai manusia sebagai mabrur atau tidak, diterima atau tertolak.

    Bisa berangkat ke sana (jika mampu) adalah bagian dari memenuhi kewajiban, melaksanakan penghambaan dan bagian dari harapan pengampunanNya. Mampu secara material, mampu secara kesehatan, mampu secara waktu.

    wa'alaikum salam wr wb.. selamat kembali lagi mba'... semakin besar pengharapan saiia bisa memberangkatkan keduaorangtua :(
    (itukan titipan pesanan saiia mba', supaya didoain agar keduaortu saiia bisa segera melaksanakan kewajiban tersebut....)

    BalasHapus
  10. Komentarku yang pertama masuk gak mbak??? maaf disini lemot

    diulang aja deh

    Hadiah terindah buat orang2 tercinta adalah mbak dapat kembali dengan selamat dan semoga menjadi Haji yang Mabrur

    BalasHapus
  11. Sumpah saya iri sama si teteh ini, saya yang dekat malah belum bisa melaksanakan ibadah haji. Tapi mudah2an tahun depan bisa terlaksana, mohon doanya saja deh..

    BalasHapus
  12. subhanalloh........
    welcomeback ya mbak......Moga selalu dan selalu di ridhoi nya....amiiin

    BalasHapus
  13. woooow...labbaikallohumma labbaiik, labbaika la syari ka laka labbaiik....

    BalasHapus
  14. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar...
    begitu indahnya perjalananmu
    hingga rinduku memuncak
    ingin kumau segera beranjak
    menyusuris setiap jejak sang bijak
    namun sayang Tuhan belum memberi peluang
    hanya keinginan yang masih membayang

    Wilujeung tepang deui geulis

    BalasHapus
  15. Ass,

    Alhamdulillah.. Mbak beserta kluarga udah kembali ketanah air indonesia tercinta :) dengan Sehat wa'allfiad.. Aamiin.

    btw, teh mana nich oleh2nya..he.he.. smoga Lolids juga bisa kayak mbak+family besok2. Aamiin.

    mbak, benernya masih byk lagi yg mw ditanyakan tapi ini dulu j ya, ntar dikiranya mau bikin novel...he..he..he...

    Wass...

    BalasHapus
  16. Wuuiiihhhh sampai luupaa..lupa..ingat... teh , he..he.

    Lolids Baek2 saja mbak,mkasih. ^_*

    Lolids Here

    BalasHapus
  17. sebuah cerita perjalanan seorang hamba Allah, yang membuat hati ini bergetar dan ingin sekali pergi ke sana, Makkah & Madinah.

    kapankah Allah memanggil hamba-Mu ini untuk pergi ke Rumah Suci-Mu, Kabbah, Makkah & Madinah??

    Mungkin saya belum siap hati, fisik, mental dan materi. Insya Allah dan bermohon, semoga Allah juga memanggil saya untuk pergi ibadah ke Tanah Suci. aamiin.

    Alangkah indah dan nikmatnya jika seorang hamba Allah untuk pergi ibadah untuk memenuhi panggilan Allah.

    BalasHapus
  18. ikut tergetar hati merasakan betapa sahdunya melihat rumah Alloh....rumah kekasihNYA dan para sahabat.

    andai bisa ......."panggil aku ya rabb ke rumahmu"

    BalasHapus
  19. mabrok and mabrour semoga perjalan anda sekeluarga mendapat berkah NYA, dan bagi muslimin dan muslimat mendapatkan kesempatan selama buku laporan belum ditutup.

    BalasHapus
  20. semoga perjalanan mbak memndapat hikmah yang dalam dan doakan aku bisa menyusul ke sana mbak. mbak bolehkah aku kirim email?

    BalasHapus
  21. Kembali dgn selamat... lebih dr oleh222 niii

    mudah2an saja nanti aye yg bisa berciretera....
    do'akan sj!!!! pleassssse!!!

    NUHUN BIN THANKS

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah, sudah pulang dari perjalanan spiritualnya ya bu. Terimakasih, oleh-oleh ini indah.

    BalasHapus
  23. Subhanallah....

    teteh,subhanallah....aku cuma bisa merasa takjub membaca tulisan teteh ini.
    perjalanan yg indah...tulisan dan penggambaran yg indah jg....

    semoga aku dipertemukan dgn kenikmatan seperti yg teteh alami,amiieennn...ya Allah.....

    teteh sbntr lg ramadhan..mohon maaf jika dalam kalimat2ku ada yg tidak berkenan di hati.
    teteh...aku benar2 merasa bersyukur bisa kenal teteh meski hanya lwt Blog ini,alhmdulillah kenal dgn seorg wanita hebat seperti teteh.

    BalasHapus
  24. @ Lintang :silakan saja mbak saya tunggu emailnya,alamat emailnya kan udah saya kasih ya mbak ?
    @ Irmasenjaque :Mohon maaf lahir batin pula mba..aku wanita biasa2 aja kok mbak ,tak ada yg istimewa dalam diri teteh.makasih banyak ya mbak.
    justru teteh kagum sama mbak irma yg sangat tegar dan sabar ,semoga sehat2 ya mbak.

    BalasHapus
  25. Aku terharu mbak dan air matapun tak bisa kubendung deras sekali..sungguh perjalanan yg luar biasa ,pergi bertiga ..wah tak dapat kubayangkan ..hanya keikhlasan hati yg sangat besar ya mbak menjalaninya.

    seseorang yg sangat menyayangimu dan mencintaimu...i love you

    BalasHapus
  26. Mampir siang,... tidah ada kata sudah buat ngeteh. Apalagi disuguhi rekam jejak perjalanan spiritual yang mengagumkan.

    BalasHapus
  27. sebuah perjalan yang tak bisa di ukir dengan kata-kata,indah dan mempesona..,
    disana ada kebahagiaan lahir dan bathin.

    BalasHapus
  28. perjalanan religi yg mengesankan. fotonya bagus deh.
    btw, ada award ya untukmu. cek di http://just-fatamorgana.blogspot.com/2009/08/genap-sudah.html

    selamat kembali di dunia blogging ya....

    BalasHapus
  29. Turut bersyukur ibadah Umroh mbak ateh berjalan lancar, dan sekarang telah tiba di tanah air dengan selamat.
    Met nge-blog lagi mbak, met berbagi cerita lagi ya

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum bu hj ateh heheheheh kumaha teh salami diditu pangalaman nana??? hatur nuhun nya teh wasalam.. ^_^

    BalasHapus
  31. Indah sekali cerita ini .... menggetarkan hati.
    Mudahan suatu saat saya diberikan oleh yang diatas nikmat seperti ini.

    Salam kenal

    BalasHapus
  32. subhanallah...lihat fotonya, jadi kepingin kesana lagi...

    BalasHapus
  33. Moga Mbak peroleh Hj Mabrur..Amin..!

    BalasHapus
  34. selamat kembali ke tanah air

    Allahu Akbar

    mohon maaf lahir bathin

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah......
    Perjalanan penuh cinta
    Oleh2 yang berharga sekali
    Haturnuhun pisan
    Semoga haji yang mabrur
    amiiin....
    Salam u/ kel semua

    BalasHapus
  36. alhamdulilah, semoga diterima amal ibadah dengan balasan yang setimpal.

    BalasHapus
  37. kapan ya q bsa nyusul kee sana.,.,.

    BalasHapus
  38. tak bisa komentar apa2..
    jika saja aku disana....

    BalasHapus
  39. Ucapan Selamat atas kemenangan sesaat untuk bekal hidup menuju surga, semoga memmbawa berkah dan kebahagian untuk di dunia maupun di akirat amin. ada sebuah kata kata yang aku sisip kan di balik selamat,Kecubung batu dari Kalimantan. Indah disanding dengan berlian. Sebentar lagi bulan ramadhan. Semua salah mohon dimaafkan. Marhaban ya ramadhan. Semoga amal kita diterima Allah SWT. Amin.

    BalasHapus
  40. permios....

    selagi nyawa masih tenggelam dalam raga...
    selagi kata dapat terucap...
    selagi waktu dapat dilalui...

    hanya kata maaf yang dapat aku sampaikan...
    semoga dapat menghapus segala dosa dan kesalahan kita...

    selamat menjalankan ibadah puasa...
    semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa ini dengan hati yang ikhlas dan tulus...

    semoga Ramadhan kali ini kita jalani lebih baik lagi dari Ramadhan sebelumnya...
    salam sayang :D....

    BalasHapus
  41. Air mata ini mengalir ketika membaca perjalanan teteh. dalam hati berdoa semoga Alloh memberiku kesempatan untuk menjadi tamu di rumahNya. Amin...

    BalasHapus
  42. Sebuah perjalanan spiritual yg indah, manis, sarat hikmah dan berkah-Nya. Saya juga menghaturkan terimakasih banyak kepada mbak Latifah yg tetap rajin berkunjung dan jagain rumah sastra radio selama saya pulkam. Selamat memasuki bulan suci ramadhan.

    BalasHapus
  43. Wa'alaikumussalam wrwb...subhannallah teh ateh disela2 ibadah umrah te2h msh bisa menulis, salut deh :). nuwunsewu ya teh baru bisa komen dan baru jg buka blog lagi yg terkadang terbengkalai begitu saja.Postingan2an baru jg bisa dipublish skrg terpendam sekian hari:).
    well slmt dtg ya teh dlm keadaan sht dan bisa berkumpul kembali bersama keluarga, smg mjd hajjah yg mabrur ya:).
    oiya siapa atuh si"anonim" teh?

    BalasHapus
  44. @ Linda : Saya tidak tahu siapa Anonim yg jelas dia begitu memperhatikan saya ya..penasaran juga sih..tapi biarlah dia tak mau menyebut identitas dirinya sendiri..mungkin malu ntah apa lagi deh hehe...

    BalasHapus
  45. Mabruk..... semoga Allah selalu melimpahkan Rahmad-Nya pada hamba Allah yang telah usai menjalankan ibadah Umroh.

    MARHABAN YA RAMADHLON
    Selamat menunaikan Ibadah Puasa

    BalasHapus
  46. Alhamdulillah... perjalanan spiritualnya telah berakhir dengan indah.
    Terima kasih utk oleh-2 cerita perjalanannya yg tak kalah indahnya mbak....
    Membuatku ingin pula segera pergi kesana mbak.
    Selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan ya mbak...

    BalasHapus
  47. aku turut bersyukur mbak semuanya berjalan dengan lancar... moga segala yang dilakukan mbak sekeluarga mendapat limpahan rahmat dan berkat dariNya... met menjalankan puasa ya mbak... salam terkasih...

    BalasHapus
  48. subhanallah...kapan ya bisa nyusul kesana? cerita tentang umroh mbak adalah cerita kedua, sebelumnya teman saya.wah...jadi semakin pengen

    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

    BalasHapus
  49. salam kak ateh...

    kina kangen dgn akk. wah tulis bahasa indonesia lah!!!

    alhamduliilah akk selamat smpai dan perjalanan pergi ke Mekah berjalan dengan lancar.

    BalasHapus
  50. mudah-mudahan ikhlas karena Alloh...

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !