Laman

Selasa, 13 Desember 2011

Pendidikan Sex yang Islami


Tentang  kenakalan remaja, seperti narkoba, sex diluar nikah dll, Sudah menjadi sebuah realita kehidupan di-zaman era modern ini. Agama nyaris sudah menjadi nomor 2 (dua) pada kehidupan sehari-hari. Terbukti walau mengaku seorang muslim/muslimah, tetapi ‘aurat’ masih ‘ dibuka-buka ‘ seperti contoh, kita sebut saja ; seharusnya mengenakan jilbab tetapi tidak mengenakan jilbab, memakai baju yang sangat vulgar padahal seharusnya ditutup rapat  dll, dimanakah indentitas seorang muslimah?  
Ntahlah…tapi itulah realita di-zaman saat ini.



Tanpa disadari disitulah pemicu kenakalan remaja terjadi, dari pembentukan karakter seorang anak pada pertumbuhannya dari remaja hingga dewasa. Sebuah karakter dari sebuah ke-terbiasa-an tanpa menutup aurat yang seharusnya tertutup rapat bagi seorang muslimah, dan berakhir terbentuklah dengan tidak memiliki rasa malu dari keterbiasaan itu. Dari situ pula berdekatan dan bersentuhan dengan seseorang yang bukan muhrim ( orang lain selain keluarga terdekat ) sudah menjadi ke-terbiasa-an yang sudah melekat. Hingga akhirnya terjadilah anak-anak remaja tanpa malu-malu berciuman didepan umum & melakukan hubungan sex tanpa ikatan yang seharusnya tidak boleh dilakukannnya. Mungkin karena dengan tidak memiliki rasa malu itu dan yang terjadi  hanyalah timbul rasa bangga pada dirinya, bahwa dia telah melakukan hal yang menurutnya suatu kebanggan padahal semua itu jelas  dilarang oleh agama, Astaghfirullah…

Baiklah, setelah kita intermezzo terlebih dahulu diatas, ternyata dari dahulu hingga kapanpun yang paling dominan pada pelajaran sex itu adalah dari agama yang kuat. Tetapi bukan hanya sekedar dari sebuah buku yang mengajarkan tentang ensiklopedia anatomi tubuh. Dalam Agama Islam memerintahkan umatnya untuk memiliki rasa malu karena malu adalah sebagian dari iman , “Sesungguhnya setiap agama itu mempunyai akhlak, dan akhlak Islam adalah MALU” (HR: Malik dan Ibnu Majah). Dengan diawali dari dini, mengamalkan dan menumbuhkan rasa malu dengan iman Insyaallah akan terbentuk hingga dewasa kelak.

Dengan Sederhana saja kita memberikan penerapan pendidikan/ pelajaran sex dengan agama,  kita mulai dari hal yang kecil tapi sebenarnya hal yg patut diperhatikan seperti contoh : keluar dari kamar mandi , setelah mandi tidak boleh meggunakan handuk saja, tetapi perintahlah putra/putri kita dari sejak dini membawa baju ganti kedalam kamar mandi dan memakainya hingga keluar kamar mandi, dengan membiasakan seperti itu anak akan menjadi tahu bahwa dengan seperti itu adalah menutup aurat. Dengan memberikan pemahaman sebelumnya tentang aurat, seperti ; siapa saja yang boleh melihat aurat kita ? yaitu orang tua , kakak & adik, catatan itupun hanya sebatas wajah, rambut, telapak tangan & kaki. Dan siapa saja yang boleh melihat aurat yang lebih vital, bila sudah dewasa hanya oleh suami/istri saja, selain suami/istri, orang lain bila melihatnya haram dan dosa hukumnya. Dengan pemahaman seperti itu Insyaallah putra/putri kita akan mengerti arti aurat dan rasa malu yang diiringi oleh iman dari akhlakul karimah ( akhlak yang baik ).

Saya pernah membaca sebuah buku  yang berjudul ‘ Ensiklopedia awal mula manusia tercipta’, dengan gambar-gambarnya yang begitu vulgar dengan menceritakan bagaimana caranya awal mula manusia tercipta, dengan adegan gambar yang semestinya anak-anak belum boleh melihatnya, sedangkan buku itu ditulis khusus untuk anak-anak. Desain gambar dengan bahasa anak, tetapi pesan cerita untuk orang dewasa. Mungkin bila ada pada pengawasan & pengarahan orantua ketika melihat dan membacanya dengan benar, Insyaallah ada efek positif bagi sang anak, tetapi sebaliknya bila anak-anak membaca tanpa didampingi oleh orangtua/ guru justru akan menjerumuskan dan menyesatkan pada memory anak.

Disini menjadilah orang tua yang cerdas dalam menerapkan pelajaran sex yang benar dengan menggunakan pedoman agama. Insyallah akan lahir karakter putra/putri yang berakhlak mulia, Insyaallah.



*Berbagi akan indah bila bermanfaat. 


34 komentar:

  1. Terima kasih sekali sharingnya mbak, sangat bermanfaat.

    BTW, apa kabar mbakku... miss you much. :)

    BalasHapus
  2. Mba Reni @ Terimaksih banyak mba....Alhamdulillah kabar baik semoga mbakku juga kabrar baik selalu ya...miss you too mbaaaa :)

    BalasHapus
  3. benar sekali gan, dengan adanya rasa malu dengan iman insya allah kita akan tetap terjaga dari perbuatan2 yang seharusnya tidak di lakukan,
    informasi yang sangat bermanfaat sekali gan, terimakasih sudah berbagi, salam kenal.. :)

    BalasHapus
  4. tidak usah membawa ganti baju ke WC,ditakutkann jika ganti baju di dalam WC badan kita tidak kering atau tidak sempurna ini akan mengakibatkan ke kesehatan kita,kan sekarang sudah ada handuk kimono yang berupa baju itu juga masih bisa menutupi aurat

    BalasHapus
  5. ya memang jaman sekarang rasa malu itu sudah hampir sebagian orang saj ayang memiliki rasa malu,,, ya memang kit aharus memiliki rasa malu,,
    makasih gan untuk infonya,, di tunggu postingan terbarunya

    BalasHapus
  6. makasih buat sharingnya .
    penting banget nih buat mendidik para generasi muda yang udah gatau malu

    BalasHapus
  7. nice share gan...
    tips'y bermanfaat banget buat para remaja sekarang!!

    di tunggu posting selanjut'y,, :)

    BalasHapus
  8. infonya bermanfaat banget gan..
    makasih banyak ni buat infonya!!
    sukses selalu ya :)

    BalasHapus
  9. tips yang berguna buat kalangan remaja khususnya saya pribadi,thanks..!

    BalasHapus
  10. pendidikan itu memang semua orang harus tahu ya,,
    mkasih buat infonya,,

    BalasHapus
  11. Quote your blog info thanks nice and helpful, acid and sala successful blogger.

    BalasHapus
  12. khusus buat orang tua harus lebih memperhatikan anak-anaknya,remaja adalah pergaulan yang sangat mudah dipengaruhi... thanks buat infonya!!!

    BalasHapus
  13. Peran orang tua memang vital di masa2 anak2..

    BalasHapus
  14. remaja adalah rentang dengan pergaulan,khusus buat ortu harus lebih memperhhatikan anak-anaknya... thanks buat infonya!!!

    BalasHapus
  15. memang berat melakukan hal yang kaya gto, tapi kita di latih daru kecil itu semua akan mudah dilakukan dan akan terbiasa.

    makasih yanh atas infonya..
    salam kenal..

    BalasHapus
  16. ya ya ya
    informasi yang bagus

    BalasHapus
  17. pendidikan itu emang penting banget, dan wajib di terapkan pada remaja dari mulai sedini mungkin..
    karena akan sangat berpengaruh besar!!

    thanks

    BalasHapus
  18. Uraian yang mantab sekali....
    Pendidikan Sex memang perlu, apalagi yang bersifat Islami...
    Recomended dech...

    BalasHapus
  19. benar sekali mba, hal hal kecil sebenarnya seperti pada anka perempuan selalu diajarkan menutup aurat, walaupun mereka masih kecil, dan menyaring info2 yang mereka dapat d televisi yang kadang menyesatkan, selamatkan generasi ini dari kehancuran akhlak...

    BalasHapus
  20. terkadang merasa rugi kalau melihat remaja jaman sekarang,seakan-akan hidupnya unuk kebahagian semata namun dibalik itu semua pasti bakalan rasa penyesalan... buat para remaja khususnya saya kita harus berpikir kepedan yang lebih dari sekarang karena masa depan kita di tentukan dari sekarang!!!

    BalasHapus
  21. Blog yang keren kawan..Kalau tidak keberatan berkunjung balik ya ditempatku..

    BalasHapus
  22. saya juga merasa terkadang pergaulan jaman sekarang melebihi aturan agama,segala sesuatu tergantung pada sifat masing-masing tapi selaknya kita berusaha menjadi yang terbaik...

    BalasHapus
  23. pendidikan sex yang islami info yang bermanfa'at...

    BalasHapus
  24. subhana'Allh,,, ya saya setuju jika itu semua bisa dipelajari oleh banyak orang pasti semuanya aman,terimakasih buat infonya!!!

    BalasHapus
  25. remaja adalh simana seseorang yang mencari jatidirinya,..sehingga remaja serba ingin tau,.!! masi banyak atas infonya bak,.!!! salam kenal ajj

    BalasHapus
  26. waahh cara baru ni... saya suka banget... makasih ya...

    BalasHapus
  27. Asianbet77 adalah Komunitas para Betting dan Olaharga Mania yang terbesar Pilihan Para Bettor di Indonesia, Dengan hadirnya Asianbet77 sebagai[URL="http://www.asianbet77.com"] Agen Tangkas Net [/URL]maka para komunitas betting bisa berkumpul dan berbagi di dalam situs ini. Selamat Bergabung dan Semoga Suksess Selalu.

    Pin BB: 2B4BB06A
    Wechat: asianbet_77
    YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    sms/WA: +63 910 521 37234

    BalasHapus
  28. Terima kasih gan infonyaa, mantap sekali nih ^^

    BalasHapus
  29. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  30. terimakasih sekali pendidikan yang luar biasaa :)

    BalasHapus
  31. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi wwwasianbet77com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !