Laman

Senin, 08 Maret 2010

Nenek,aku ingin masih ada disampingmu...

Hati rasanya menjerit pilu, tapi aku hanya mampu memandangnya. Kulihat wajahnya mulai cekung dengan kulit mulai keriput yang mulai tampak dengan jelas. Nenek, masih saja terbaring lemah dalam kurun waktu 15 tahun lamanya, seperti biasa nenek hanya mampu menatap langit-langit kamar yang tak berubah, mungkin ia jenuh dengan warna langit-langit kamar itu, tapi kepasrahan diri telah mengalahkan segala keinginannya. Nenek, aku ingin kembali seperti dulu sebelum ada kewajiban lain yang harus kulakukan yaitu berkeluarga, dengan menyuapimu tiap kali makan, membersihkan bila kau buang hajat, memandikan dengan mengelap badanmu agar harum bila dicium, menyisir rambutmu yang telah penuh dengan uban . Aku ingat Nek, doamu tak pernah lepas untukku setiap saat aku berhadapan untuk merawatmu dan akupun mengamininya pula dengan senang hati. Kau katakan , bahwa aku cucu yang kau paling sayangi, Terimakasih nenek.

Aku ingat sekali, ketika itu kau mulai dapat berjalan kembali walau harus dipapah, katamu...”aku akan kau tinggalkan oleh cucu tersayang, karena kau harus pergi bersama suami kekotanya, jadi aku harus sembuh !”....
Aku sangat senang dan bahagia mendengarnya, walau rasa sedih tak dapat kuhindari.
Dengan rasa lega meninggalkanmu dengan keadaan sehat, hatiku tenang nek. Tapi selang beberapa bulan aku berumah tangga, aku tersErang sakit dan harus dirawat diRS. Kau shock mendengar kabarku, akhirnya penyakitmu datang kembali menyerang, ....dan hingga kini kau tak mampu bangun dari tempat tidurmu, maaf kan aku nek, aku telah membuatmu shock. Dan maafkan pula kini aku hanya mampu memandangmu dari jauh tanpa mampu membantumu untuk berwudlu ,memakaikan mukena untuk menjalankan sholat yang tak pernah kau tinggalkan, menyuapimu untuk makan, menyisir rambutmu, akh... nenek...seandainya waktu semudah seperti membalikkan telapak tangan, aku ingin masih ada disampingmu.

*********

17 komentar:

  1. semoga neneknya sudah sembuh yah mbak? :(

    BalasHapus
  2. kita bisa merasa suatu kesempatan itu terasa berharga ketika masa telah lewat dari kehidupan kita.

    akh,, andai waktu bisa diputar kembali....

    BalasHapus
  3. kalau aku nggak pernah lihat sosok nenek mbak maklum bungsu jadi nenek udah berpulang semua

    BalasHapus
  4. hiks, jd teringat almarhumah nenek saya yg sangat menyayangi saya...



    blog ini sll bikin saya sedih, palagi klo dah denger backsoundnya...huff....
    jd inget han ji eun...hihi...

    BalasHapus
  5. jadi ingat nenek nih sist..moga neneknya baik-baik saja ya di sana.

    BalasHapus
  6. Turut prihatin dengan kondisi nenek dari mba Latifah, semoga cepat sembuh...! jadi ingat nenek juga....dibandingkan dengan saya, mungkin mba lebih beruntung. Saya tak pernah bertemu dengan nenek maupun kakek dari pihak ibu, dari pihak bapak juga tak pernah bertemu kakek dan nenekpun sudah meninggal 10 tahun yang lalu.....

    BalasHapus
  7. Turut prihatin dengan kondisi nenek dari mba Latifah, semoga cepat sembuh...! jadi ingat nenek juga....dibandingkan dengan saya, mungkin mba lebih beruntung. Saya tak pernah bertemu dengan nenek maupun kakek dari pihak ibu, dari pihak bapak juga tak pernah bertemu kakek dan nenekpun sudah meninggal 10 tahun yang lalu.....

    BalasHapus
  8. subhanallah....
    haru saya membaca tulisan ini....subhanallah...
    semoga nenek diberikan kesehatan segera...Amin...

    BalasHapus
  9. Semoga cepat sembuh neneknya! Amin!

    BalasHapus
  10. Semoga Neneknya mendapatkan kesembuhan mbak... pasti Nenek juga ingin ingin memeluk mbak Ateh spt dulu.

    BalasHapus
  11. Aku gak heran kalau mbak Ateh jadi cucu kesayangan... karena kasih sayang mbak yg besar kepada nenek.

    BalasHapus
  12. -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-
    Assalamualaikum,
    *******Salam ‘Blog’!!*******

    “Semoga neneknya dikasih kesehatan sama ALlah ya mbak. Aku kagum dengan penutup akhir.,..WAlau sudah tua ga pernah lalai menjalankan sholat,,,jarang lho...anak muda aja demam sedikit alpha sholat....
    BTW<<<NENEK UMUR BRP SIh mbak...???”

    -_-_-_-_-_-_-Cosmorary-_-_-_-_-_-_-

    BalasHapus
  13. Mampir baca tulisan inspiratif dan menggugah. Oh ya mbak di sini blog WPku sebagai antisipasi blog sastra radio siapa tahu nanti dibanned oleh blogger.

    BalasHapus
  14. gak bisa komen..

    semoga Allah memberi jalan terbaik teh.. *saya cuma sebentar berkenalan dengan nenek saya, 6 tahun saya sudah ditinggal* :(

    BalasHapus
  15. jadi ingat nenek yg sudah meninggal. hiks....

    BalasHapus
  16. semoga neneknya cepet sembuh mbak.....
    ...kakek saya juga lumpuh sejak 3 tahun lalu karena stroke...beliau pernah bilang ke saya...kalo memang nggak bakal sembuh, setidaknya bisa sedikit jalan walau tertatih....karena beliau merasa nyusahin anak cucunya...meski kami nggak merasa begitu...

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !