Laman

Rabu, 10 Februari 2010

Bukan 15 menit tapi lima hari, maaf !


Sebuah buku akan membuat hidup lebih baik dan akan menuntun kita kejalan yang lebih lurus, asal kita dapat memilih buku apa dan bagaimana yang akan kita baca. Buku ibarat jalan yang akan kita tempuh, dan bila tanpa kehati-hatian, kita akan terjerembab. Dan bukupun akan memperkaya jiwa dan pengetahuan, tapi tergantung buku apa yang di baca dan diamalkan.

Tugas dari Nuansa pena buat daftar buku jumlahnya 15 buah dalam waktu 15 menit, Tapi mohon maaf bukan dalam lima belas menit tapi dalam lima hari saya baru dapat mengerjakannya. Tugas yang lumayan berat, bukan berat mengerjakannya, tapi berat sebagai amanah dari Beliau. Mohon maaf telat mengerjakannya dikarenakan ada beberapa buku terselip.

1. Judul buku : Samudera Al-fatihah
Oleh : Bey Arifin
Dalam buku ini menerangkan arti, maksud dan tafsiran dari Surah Al-fatihah. Sungguh-sungguh berupakan samudera luas dan dalam, belum diketahui dengan pasti akan tepinya, begitu juga dalam dan luasnya. Lebih sedikit lagi yang kita ketahui tentang isinya.

2. Judul buku : Kepekaan Emosional
Oleh : Jeanne Segal, Ph. D.

Emosi itu penting. Emosi akan membantu kita menciptakan hidup yang penuh integritas dan makna, membentuk pribadi yang kuat, menjalin hubungan yang penuh kasih sayang dengan sesama. Hal ini hanya bisa terjadi jika mengenal dan mau merasakan emosi kita sepenuhya sehingga kita dapat bertindak menurut naluri kita maupun berempati, berdasarkan persaan, dalam bergaul dengan sesama. Akan tetapi , bagaimanakah caranya kita bisa mengendalikan dan memanfaat kan emosi ?

3. Judul buku : Agama Wahyu dan Kepercayaan Budaya
Oleh : DRS.H.ABUJAMIN ROHAM

Islam tidak mengenal aliran, sekte atau mazhab, islam hanya satu , Yaitu : ISLAM, seperti yang disebut oleh Al-Quran. Adapun aliran, sekte atau mazhab, hanyalah ada dikalangan kaum muslimin sendiri.
Dengan demikian, Sunni, Syiah, Mu;tazilah, Khawarij, Wahabi, Qodariah, Jabriah dan berbagi nama lagi , semuanya bukan sekte atau aliran dalam islam: nama-nama itu adalah sebutan yang muncul dalam kaum muslimin, bukan oleh Islam.

Diindonesia sendiri sering terdengar: Aliran muhammadiyah , aliran Nahdatu Ulama , aliran Al-irsyad , persis dan lain-lain. Padahal islam tidak mengenal aliran atau mazhab. Juga islam tidak mengenal Islam Hakiki, Islam NU, atau Islam Muhammadiyah, itu hanyalah nama organisasi sebagai cermin kegitan pada bidang mana kelompok tersebut berperan...

4. Judul buku : Mendidik anak secara islam
Oleh : Jaudah Muhammad Awwad

Pendidikan anak merupakan upaya melahirkan generasi berkualitas tinggi. Untuk itu, metode yang ditrapkan harus mampu memotivasi anak pada pemahaman hakikat habluminallah dan habluminannas . Melalui metode seperti itu, anak akan terpelihara fitrahnya, tanpa kehilangan keberadaannya sebagai manusia kecil yang butuh pemahaman. Dan islam menawarkan metode seperti itu. Akankah kita lali menjerumuskan generasi muda kita pada pola pendidikan yang tidak islami ?

Melalui buku ini, JAUDAH MUHAMMAD AWWAD mengajak pada orangtua dan pendidik menjadi mitra dalam menggali, membina dan mengotimalkan potensi anak. Karenanya, buku ini sangat bermanfaat bagi anda yang meminati dunia pendidikan anak.

5. Judul buku : Fiqih shalat bagi Wanita

Oleh : DR.Adil Sa'ad

Nabi bukanlah seorang wanita, namun beliau adalah sosok yang paling menghargai, memuliakan dan memperhatikan kaum wanita dalam segala aspek kehidupan mereka, baik dalam muamalah maupun aspek ibadah mereka kepada Allah, termasuk diantaranya adalah ibdah shalat. Nabi SAW, bersabda, " Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat" ( HR.BUKHORI). Hadist ini tidak dikhususkan untuk laki-laki saja, namun untuk semua kalangan, termasuk juga kaum wanita yang terpelajar, berpendidikan, mempelajari ilmu yang bermanfaat, dan mengajarkannya pada sesama.

6. Judul buku : Tafsir Al-Banna
Oleh : Prof. Dr. Syafiq A. Mughni
Ketika Hasan Al-Banna ( imam al-Syahid) menerbitkan majalah AL-SHIHAB diKairo tahun 1948, beliau menyediakan rubrik tafsir AlQuran Al-Karim. Suatu tafsir baru dengan uslub yang khas. Didalamnya didiskripsikan hadist-hadist sahih, penggunaan bahasa yang mudah dan jelas sehingga bisa dipahami masyarakat umum sekaligus kalangan intelektual.

7. Judul buku : Tokoh Wanita sebelum dan sesudah Islam.
Oleh : As.syyid Abdul Hamid Az Zahrawie

8. Judul buku : Permata yang indah (Addurunnafis)
Oleh : Syeikh M.Nafis Bin Idris Albanjarie

9. Judul buku 'itiqad Ahlussunah wal-jama'ah
Oleh : K.H. Sirrajudin Abbas

10. Judul buku: Hamka berkisah tentang Nabi Muhammad Saw

11. Judul buku: Rissalah Cinta
Oleh : Ibn Hazm Al-Andalusi
Ulama dan pujangga besar Islam abad ke-5 H

12. Judul buku ; Minhajul Abidin menuju iman sejati merintis jalan kesyurga.
Oleh : Imam Al-Ghazali

13. Judul buku ; Al-Hikam
Oleh : Syeikh Ahmad Athailah

14. Judul buku ; Ajari Aku Cinta
Oleh ; Dr. Khalid Jamal

15. Judul buku : Ayat-ayat Cinta
Novel pembangun jiwa
Oleh : Habiburrahman Saerozi
Alumnus Universitas Al Azhar, Cairo

Alhamdulillah, selesai sudah tugas tag bukunya. Dengan mengerjakan tag buku ini, ada hikmah yang bermanfaat, karena buku-buku yang terselip berhasil kembali ditemukan.

Dan Tag buku ini akan saya lanjutkan kepada sahabat saya :

Mbak Lilah
Kanvas Virtual

Bila berkenan dan tidak sibuk, silakan tugas tag buku ini dilanjutkan , Terimakasih banyak.

*******

22 komentar:

  1. ampun bukunya asli religius semua demikianlah koleksi seorang pencinta hakiki nggak seperti aku yang agak rada-rada sableng dikit

    BalasHapus
  2. Buku2 mba Latifah sepertinya memang penuh dengan siraman2 rohani...

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, tugas telah diselesaikan dengan baik dan review nya bermanfaat bagi penulis maupun pembacanya, sosok seseorang dapat dilihat dari buku yang dibacanya, dan yang ditulisnya! jadi lebih tahu tentang anda!

    Buku-bukunya aku catat, ada yang ingin saya baca! Selamat beraktifitas!

    BalasHapus
  4. mbak, hanya satu yang pernah kusentuh. Al hikam. Itupun hanya menyentuh :(

    Selamat dah selesai emngerjakan PRnya :)

    BalasHapus
  5. Terima kasih ntuk infonya.
    Sepertinya daku harus segera mengoleksi buku buku tersebut.
    Segera meluncur ke toko buku.

    BalasHapus
  6. What...? waduh kena tag buku ? sstt...itu buku dirumah bejibun, tp buku tehnik py suami, wah hrs milihin nih cos bukunya dah campur mawur..

    buat, kanvas ritual...*aku pasti kalah cepat*..dijamin, hiks..hiks..
    Mks mb tifah..insy Allah.

    BalasHapus
  7. kalau harus dengan keterangan wajar saja memakan waktu 5 hari. :)
    lagi sibuk y mbak?

    BalasHapus
  8. jadi muncul rasa malu dan ingin mengkaji kembali buku apa saja yang sudah dibaca dan yang ingin dibaca...

    BalasHapus
  9. aq paling suka membaca buku yang benar-benar aq minati.......meskipun setumpuk gitu pasti tetep semangat hehe, namun juga buku kadang membawa kita pada berbagai faham yang keliru bila tak ada filter dan wawasan yang luas......bravo dunia baca indonesia

    BalasHapus
  10. kalau saya seh memilih buku untuk sekedar tak ada kerjaan atau hanya sekedar untuk hiburan.

    dan sekarang saya lagi ngebet baca komik untuk sekaligus melatih supaya rajin membaca

    ngomong-ngomong buku yang bermanfaat kenapa membosankan ya buat di baca ga kaya komik yang asyik buat dibaca

    BalasHapus
  11. duh mbak, buku2mu kok berat2 banget sih...

    maksih dah ngerjain aku, meski aku ga yakin sanggup menegrjakannya. btw, aku berusaha deh sebisaku aja yaaaa

    BalasHapus
  12. bacaannya berbobot semua nih teh...
    jadi kepingin cari bukunya.

    BalasHapus
  13. keep spirit.. keep blogging....
    hmmm... bTw ga jadi ya Hibah BUku bareng kita???

    BalasHapus
  14. sepertinya ane harus cari tuh buku nya...

    BalasHapus
  15. betul betul beetul,,harus cari tuh..

    BalasHapus
  16. ternyata buku2nya berat2 juga...hehe

    BalasHapus
  17. Buku-2 mbak Ateh 'kelas berat' semua... Salut mbak.

    BalasHapus
  18. wah,,,
    bukunya mantab²....!
    13. Judul buku ; Al-Hikam
    Oleh : Syeikh Ahmad Athailah
    ini saya suka. :D
    tapi kok kosong ea..
    :D
    salam kenal buk... :)

    BalasHapus
  19. wah buku2 yang mbak ateh baca keren2..

    BalasHapus
  20. waduh...
    bukunya tebal2..
    kelas berat nih...

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !