Laman

Rabu, 18 November 2009

Menghindari Takdir Bertemu Takdir

M acet terkadang membuat jengkel ,sewot ,be-te ntahlah dengan sebutan apa yang membuat hati menjadi kesal.

Sudah hampir 1 jam macet merayap,musik sudah berputar bolak-balik,sampai menambah kriteria hati yang sedang menderita karena macet....aduh AC juga bikin gregetan sudah berhari-hari tidak berpungsi,teman buat ngobrol tidak ada...penyesalan tidak membawa teman dan ngantuk-pun menyerang ,rokok sudah habis hampir setengah bungkus .

Ada apa gerangan sampai macet diam merayap begini....padahal biasanya jalan arah yang di lewati lancar dan aman selalu,tapi hari ini ntah kenapa...di stel radio,ternyata ada sebuah kecelakan beruntun .Pagi-pagi begini sudah terjadi tabrakan maut ,Ya Allah lindungi aku gumam Danang ....dengan rasa syukur yang amat besar masih diberikan keselamatan untuknya.

Akhirnya Danang menemukan putaran .Ah,mending mutar balik aja deh ...pikirnya.Dengan semangat Danang memutar balik mobilnya ,huff...semoga lancar ...pikirnya lagi.

Tapi ...aaaaahh,sama ...masih macet juga tambah parah lagi macet nya ,aduh ...menghindar dari Takdir ketemu Takdir deh,Danang menyadari...ya uwis sabar...sabar..Danang mencoba menghibur diri.

*********

Terkadang bila kita dihadapkan satu masalah seperti halnya Danang ,yang terjebak macet dan sabarpun terkadang didahului oleh nafsu ,manusiawi memang .Tapi bila kita selalu menanamkan dan melatih kesabaran dalam diri ,insyaallah sebesar apapun masalah yang dihadapi hati akan langsung mengingat sang pemberi Takdir , Allah SWT.Dan rasa jengkel ,sewot dan be-te tak akan menyerang.Tapi itulah sifat manusia yang selalu terlambat mengingat -Nya.Hanya orang tertentu dan Khusus yang mampu melakukan mengingat Allah selalu tanpa terlambat ( syuhud ) yaitu para arifin billah para kekasih Allah yang telah sampai kepada-Nya.

Karena semua sudah Takdir ,seperti halnya Danang yang sudah ditentukan pada hari ini terjebak macet dijalanan ,maka walau menghindarinya tetap Takdirnya danang pada hari ini terjebak macet,walau dengan segala macam cara untuk menghindarinya.Tetap saja Takdir Danang terkena macet.
Yakini bahwa Takdir salah satu Rukun Iman yang harus kita Imani ( percaya ).Janganlah ada rasa ketakutan karena Allah selalu bersama orang yang sabar.Maka dari itu janganlah menghindari Takdir ,karena pasti akan bertemu dengan Takdir kembali.


Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar,Al-Quran > Al-Baqoroh > 155

14 komentar:

  1. macet adalah cobaan berat ...

    BalasHapus
  2. ketenangan dan kesabaran dapat memunculkan inspirasi baru dan seruwet apapun pasti ada jalannya. tapi jika tetap ada masalah kemudian..maka sesunguhnya berlatih kesabaran telah menanamkan kebiasaan sabar dalam diri.

    satu hikmah lagi aku peroleh dari inti tulisan mantap ini.

    BalasHapus
  3. oh ya, sambil nunggu tamu2 yg lain..aku "ngisi" dulu ah yg "kerlap-kerlip" di sebelah kiri hi hi hi..

    BalasHapus
  4. Hmm kayaknya udah cukup untuk malam ini. Makasih. Aku pamitan dulu ya mbak. Sukses selalu.

    BalasHapus
  5. @ Ernut : salam kenal mba...ya..macet cobaan berat dan menguji kesabaran kita.

    @ Ivan Kavalera : hehe..makasih,makasih...sudah ngisi yang berkelap kerlip .^_^

    BalasHapus
  6. aku masih bingung nih mb..
    takdir, sebenernya kita bisa merubah takdir kita sendiri ga ya?..

    BalasHapus
  7. Sabar, penuh harap dan tetap berusaha mencari kemungkinan. Karena kita tak pernah tahu seperti apa pada akhirnya.
    Tapi, taqdir jua yang mempertemukan kita. hehe.
    Eh mas Ivan bener tuch, termasuk yg kerlap-kerlip. hehehe lagi.

    BalasHapus
  8. Tepat sekali untaian kata mbak, dalam riwayat Abu Said al-Khudri Rasulullah Saw bersabda, " Sebaik-baik orang adalah yang tidak mudah marah dan cepat meridhai, sedangkan seburuk-buruk orang adalah yang cepat marah dan lambat meridhai." (HR. Ahmad)

    BalasHapus
  9. @ Sigit > Takdir itu sudah ketentuan yang tak dapat dirubah dan tak mungkin ditolak .

    @ Yans' > Asyik...malam ini kerlap kerlipku berkah ..alhamdulillah.hehe..makasih...makasih.

    BalasHapus
  10. @ Nuansa pena : makasih banyak ya. marah nafsu yang harus dilawan dengan dzikir agar hati bersih dari amarah.

    BalasHapus
  11. lha klo kita di pabrik, cara danang itu malah benar :D lebih baik salah tapi berbuat daripada diam... :) aneh gak?

    BalasHapus
  12. @ Baho > Danang benar sekali ada usaha,tapi disini kita bicara masalah takdir yang telah ditentukan yang tak mungkin dapat ditolak ,secara hakikat begitulah takdir .kapanpun menghindar tetap saja takdir itu sudah ditetapkan.jadi gak aneh kan ?

    BalasHapus
  13. aduh masalah takdir bahasan tingkat tinggi nih, nggak tahu masalah takdir nanti malah salah ngomong

    BalasHapus
  14. Takdir tak dapat ditolak,... yang bisa dirubah hanya nasib melalui Do'a dan usaha.

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !