Laman

Kamis, 12 Agustus 2010

Penyemangat yang berarti bagi mereka

Menyemangati dengan sebuah bentuk benda ( mainan/pakaian seperti baju muslim /muslimah / mukena untuk sholat tarawih  ) ataupun makanan kesukaan anak-anak kita yang sedang belajar melakukan ibadah puasa dibulan Ramadhan ini, apa salahnya kita lakukan untuk memberikan support terhadap mereka. Bukan berarti kita memanjakan dengan benda dan makanan yang berlebihan, tapi sesekali saja hanya untuk sebuah perhatian bagi mereka bahwa kita tidak hanya memerintah mereka untuk berpuasa saja. Tapi sebuah support yang begitu berarti bagi mereka.



Dihari pertama bulan Ramadhan dimana kita berpuasa, saya sebagai seorang ibu harus mensupport yang sangat besar terhadap kedua putriku yang masih belia, yaitu usia 10 dan 7 tahun.

Dengan mengajak mereka Ngabuburit dan membelikan mainan / makanan kesukaannya, kesebuah Mall, dengan syarat sayapun menekankan terhadap mereka semua ini hadiah dari semangat mereka menjalankan ibadah puasa dan saya ingin memuliakan orang yang sedang melakukannya. Bukan semata-mata memanjakan mereka. Hadiah ini saya berikan dihari pertama dan terakhir.

Bukan dengan cara seperti yang saya lakukan saja untuk mensupport mereka, masih banyak cara lain. Dengan inti mensupport mereka. Karena mereka sangat membutuhkannya, agar tidak ada rasa tertekan dalam menahan lapar dan haus selama seharian.

Anakku yang yang kini berusia 10 tahun sudah terbiasa melakukannya, Alhamdulillah semenjak usia 6 tahun sudah melakukan puasa bulan Ramadhan sebulan penuh. Adiknya kini yang berusia 7 tahun pun Alhamdulillah sudah menjalankannya. Semoga karena melihat dari sang kakak yang rajin.


Kanzan dan Alfia sedang Ngabuburit sambil menggambar dari hoby mereka di sebuah mall, dengan mimik yang sudah merengut maklum sudah mendekati waktu yang darurat :) hampir menunjukan pukul 5 sore.

Alhamdulillah dengan kerja keras mendidik mereka sejak dari dini dengan ilmu agama, kini mereka terbiasa tanpa harus diperintah, seperti sholat lima waktu, memakai jilbab bila berpergian, berinfaq bila mereka memiliki uang jajan yang lebih dan berpuasa dibulan Ramadhan sebulan penuh.

Melatih ibadah kepada anak dari semenjak dini lebih baik, walau kita harus tega melakukannya. Tapi manfaat dan efek nya sangat luar biasa. Karena mereka  akan terbiasa melakukannya tanpa harus diperintah, dan kita pun tidak akan kelelahan dalam memerintahnya. Ibadah puasa merupakan satu medan yang sangat baik untuk dijadikan sebagai sarana bagi membentuk keperibadian diri yang cemerlang di dalam diri seseorang, baik dari segi kerohanian dan juga aspek-aspek kesehatan fisikal. Keagungan ibadah puasa ini dapat kita perhatikan dengan lebih nyata setelah kita menelusuri fadilah-fadilah  disyari’atkan ibadah yang mulia ini sebagaimana yang telah tercantum di dalam al-Qur’an serta hadis-hadis Nabi Muhammad S.A.W.



Puasa merupakan satu bentuk amal ibadah yang berupaya untuk membentuk jiwa seorang insan yang bertaqwa.Sebagaimana firman Allah S.W.T.:


“Wahai orang-orang yang beriman! Kamu diwajibkanberpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang yangdahulu daripada kamu, supaya kamu bertaqwa.” - al-Baqarah (2) : 183


Selamat menunaikan Ibadah Puasa hari kedua.


12 komentar:

  1. semangat untuk puasa..
    selamat menunaikan ibadah puasa ya buat mbak dan keluarga
    semoga goal sampe hari kemenangan
    amiennn

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Salute buat cara Mbak mendidik anak-anaknya. Sya belajar banyak hal di blog ini.
    Selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf lahir bathin :)

    BalasHapus
  3. Yanuar @Terimakasih banyak ya !

    BalasHapus
  4. Gaelby @ Waaalaikumsalam wrr.wb

    Sama sayapun masih belajar, makash banyak ya...

    BalasHapus
  5. Hiks..kapan ya aku kayak teteh Punya keluarga dan menjadi perempuan yang utuh. Huwaaa.....
    Ups....teh! kok Liqo malah nggak keliatan?

    BalasHapus
  6. bener bgt teh,...melihat kaka tazkia yg semangat puasa dan tidak mengeluh untuk puasa membuatku lega sekaligus bahagia.

    suport tdk selalu harus mengajaknya ke mall atau membelikan mereka sesuatu,dengan mendampingi mereka dgn sabar,memaklumi mrk sdg bljr puasa...contohnya saya yg sdg berhalangn pun ikut puasa tdk makan disiang hari,saya ikut sahur dan akan makan saat mereka berbuka jg.
    ini bentuk suport saya untuk anak2 yg sdg bljr puasa ^^

    BalasHapus
  7. Mbak memang ibu yg hebat, aku belajar banyak dari mbak lho...
    Thanks sharingnya..

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, akhirnya aku bisa hadir lagi disini setelah sekian hari dapat "masalah".
    Seneng bisa belajar lagi disini... :)

    BalasHapus
  9. saya harap di bulan suci ini mereka akan mendapatkan berkat dari Tuhan

    BalasHapus
  10. Selamat menunaikan ibadah puasa bersama keluarga! Anak-anak memang perlu perhatian ekstra untuk kebaikan bagi mereka dan kita sebagai orangtuanya!

    BalasHapus
  11. Hmmm kapan ya bisa ngabuburit bersama keluarga besar Hizboel?

    BalasHapus
  12. Ira @ Insyaallah setelah waktunyapun pasti akan tiba, untuk menjadi seorang ibu sejati...semangat maniss...

    Liqo lagi ditempat mainan mba...jadi ga sempat difoto..!

    Senja @ Support yang sangat bijak dari seorang ibu..:)

    Catatan kecilku @ saya hanya selalu ingin yang terbaik saja untuk anak2 mba...dan saya pun banyak belajar terhadap mba...

    Cara Membuat Facebook@ Amiin...

    Nuansa pena @ Semoga ya pak amiin...

    Ivan kavalera @ Hmm..kapan yaa...terlalu jauh sih tempatnya, coba kalo dekat...pasti udah tiap hari buka bersama kami...

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !