Laman

Jumat, 27 Agustus 2010

Malam Seribu Bulan



Malam Lailatul Qadar, malam seribu bulan malam Kemuliaan. Pada saat itu malam penuh sesak oleh malaikat yang turun kedunia. Sebuah malam dimana Takdir ditetapkan . Dan malam itu pun turunnya kitab yang mulia, turunnya Rahmat dan turunnya malaikat yang mulia.


“Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadar: 3-5). 

 * Keutamaan lailatul qadar adalah:

~ lailatul qadar adalah malam yang penuh keberkahan (bertambahnya kebaikan). Allah Ta’ala berfirman,
“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al Qur’an) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad Dukhan: 3-4).

Malam yang diberkahi dalam ayat ini adalah malam lailatul qadar sebagaimana ditafsirkan pada surat Al
Qadar. Allah Ta’ala berfirman,


“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.” (QS. Al Qadar: 1)

~ lailatul qadar lebih baik dari 1000 bulan. An Nakho’i mengatakan, “Amalan di lailatul qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan, adalah shalat dan amalan pada lailatul qadar lebih baik dari shalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar.

~ menghidupkan malam lailatul qadar dengan shalat akan mendapatkan pengampunan dosa. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 1901)

* Kapan Lailatul Qadar Terjadi?

lailatul qadar itu terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun . Mungkin pada tahun tertentu terjadi pada malam kedua puluh tujuh atau mungkin juga pada tahun yang berikutnya terjadi pada malam kedua puluh lima, itu semua tergantung kehendak dan hikmah Allah Ta’ala.

* Do’a di Malam Lailatul Qadar
memperbanyak do’a pada lailatul qadar sangat dianjurkan, dan yang lebih baik doa yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, seperti yang terdapat pada Hadist :


“Katakan padaku wahai Rasulullah, apa pendapatmu, jika aku mengetahui suatu malam adalah lailatul qadar. Apa yang aku katakan di dalamnya?” Beliau menjawab,”Katakanlah: ‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’ (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

*Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar :

~ Udara dan angin sekitar terasa begitu tenang. Sebagaimana dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


“Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi )

~ Malaikat membawa ketenangan , dan manusia akan mersakan ketenangan dan kelezatan dalam ibadah yang tidak akan terdapat pada hari-hari yang lain.

~ Manusia melihat malam ini pada mimpinya, sepertinya yang terjadi terhadap sahabat. 

~ Matahari pun akan terbit dalam keadaan yang jernih, dan sinar pun tiada.
Abi bin Ka’ab bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Shubuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik.” (HR. Muslim )

Semoga kita mendapatkan malam istimewa ini, dengan segala amalan yang kita lakukan pada malam tersebut amiin...

Dan semoga mas Trimatra pencetus ide untuk posting kolaborasi ini, mendapat Rahmat, anugerah dan berkah. Dengan adanya Postingan ini kita telah diingatkan untuk mengistimewakan malam seribu bulan, Terimakasih banyak untuk beliau. Salam Ukhuwah..

13 komentar:

  1. akankah kita bisa mendapatkannya....

    BalasHapus
  2. Malam yang sangat istimewa sekali. Malam seribu bulan. Lailatul Qodar. Semoga kita mendapatkan karuniaNya, amin.

    BalasHapus
  3. Malam yang sangat istimewa, semoga kita salah satunya ya...

    BalasHapus
  4. Mari kita berusaha utk mdptkannya.

    BalasHapus
  5. Allah telah menciptakan suatu bulan yang sangat istimewa dan penuh berkah. Semoga kita dapat memanfaatkan Ramadhan utk introspeksi diri dan merekonstruksi diri menjadi lebih baik. Amin.

    BalasHapus
  6. tulisan ini sanagt menyemangati kita semua untuk lebih semangat menyongsong berkah seribu bulan yang pasti akan hadir di bulan ini.

    terima kasih atas partisipasinya di kolaborasi, jangan sumkan utk ikutan lagih yaa meski ga pake hadiah-hadiahan ^_^

    BalasHapus
  7. Mbak... :(
    Apa khabar?
    Lama sekali saya tidak kemari, mohon maaf yang sebesar2nya...

    Makasih, Mbak atas share ilmunya. Semoga kita semua mampu emndapatkannya. Insya ALlah...

    BalasHapus
  8. datang berdendang tengah malam

    BalasHapus
  9. semoga kita semua mendapatkan nya.. amiiin

    BalasHapus
  10. semoga diberi kesempatan bertemu malam lailatul qadr..amiin

    BalasHapus
  11. Senang dan bahagianya umat islam diberikan banyak karunia dimalam malam ramadhan, semoga kita bisa mendapatinya. Amien. .
    Salam saya.

    BalasHapus
  12. Semoga umat Islam bisa meningkatkan ibadahnya di 10 malam terakhir Ramadhan... Aminnn,,,,

    BalasHapus
  13. semoga kita bisa beroleh berkah malam lailatul qadar yang mulya ini... amin.

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !