Laman

Kamis, 24 Desember 2009

Egois bumerang bagi diri sendiri


E gois, sikap yang tak perduli terhadap orang lain dan tanpa memikirkan orang lain .Sadar atau tidak egois adalah sifat yang sangat merugi diri sendiri maupun diri orang lain.Egois disini bisa saja terjadi terhadap siapapun,seperti orang tua terhadap anak,. seorang guru terhadap murid,seorang suami terhadap istri dll.sedangkan anak,murid dan istri memiliki hak-hak yang harus dihargai.Maaf mungkin ini hanya sekedar contoh ,karena bisa saja terjadi egois terjadi sebaliknya ada pada anak,murid dan istri dan setiap orang tentunya.

Dengan keegoisan ,akan menjadi bumerang terhadap diri sendiri.Penilaian yang negatifpun tentunya akan menghampiri pula.Dan orang yang telah dirugikan karena keegoisanpun .Contoh Karena keegoisan dalam hal perasaan .Tentunya akan merasa teraniayaya hatinya.

Sulit memang bila sifat egois telah menempel pada keperibadian seseorang.Baginya keegoisan yang dilakukan biasa-biasa saja.Mungkin karena keegoisannya pula membuat apa yang dilakukan nya itu hal biasa saja.

Mungkin dengan melatih dan membiasakan diri untuk menghilangkan sifat egois dengan perlahan dapat dirubah.Tapi sulit memang keegoisan terkadang telah terbentuk pada diri seseorang.Jadi bersyukurlah terhadap orang-orang yang perduli dan selalu memikirkan kehidupan orang lain,saudara,teman dll.Aura kebaikkanpun akan muncul menghiasi.Indah bukan ?Mulailah hidup dengan perduli terhadap orang disekitar kita,tanpa saling menyakiti dengan keegoisan.

*********

24 komentar:

  1. ""cintailah saudaramu seperti kmu mencintai dri mu...."" lupa nih kutipannya dri mana.. hhehehe..

    BalasHapus
  2. MENGUBAH KEBANGGAAN DAN EGOISME MENJADI CINTA DAN KERENDAHAN HATI ITU PERLU MBAK EGOISME TADA BERGUNA

    BalasHapus
  3. Mari kita bersama-sama belajar membebaskan hati dari rasa egois, hidup sederhana mengharap sedikit memberi banyak, penuhi harapan dengan kasih sayang!

    Cara terbaik untuk melupakan kesukaran kita adalah menolong orang lain keluar dari kesukarannya! Dari sini kita juga dapat kebahagiaan dan kasih sayang yang tulus!

    BalasHapus
  4. Egoisme terdapat dalam setiap undividu. Namun egoisme dapat diarahkan ke hal positif jika berkaitan dengan kemaslahatan umat, misalnya.

    Tulisan mencerahkan bathin, mantap seperti biasa.

    BalasHapus
  5. Setuju tuh Bang Ivan. Kadang Seseorang perlu Egoisme untuk mencapai suatu tujuan.

    Dengan Ego maka timbul semangat.

    Tapi emang perlu, mawas. Jangan sampai Ego kita mengganggu orang lain. Apalagi sampai merugikan.

    BalasHapus
  6. aku pernah merasakan ruginya sikap egois hingga kehilangan seseorang yg amat berarti...penyesalan datang setelah tinggal kenangan :)

    BalasHapus
  7. Egois memang merugikan diri sendiri. Karena diri hanya mendapatkan apa yang ia berikan. BIla tdk memberikan, lalu darimana kita akan mendapatkan??
    Good post Ummi

    BalasHapus
  8. egois emang suka menyusahkan diri sendiri dan orang lain.
    henny balik lagi nih mbak..apa kabar??

    BalasHapus
  9. Artikel mantap. Maaf baru mampir setelah beberapa hari hibernasi hehehe..

    BalasHapus
  10. setuju banget.. jadilah orang yang lebih banyak memberi bukan yang banyak menerima..
    Karena kecenderungan berlomba2 supaya bisa mendapatkan/menerima lebih dan lebih lah yang membuat kita jadi egois..

    BalasHapus
  11. Tapi sadarlah kawan bahwasanya setiap manusia memiliki sifat egoistis dalam dirinya karena itu merupakan naluri. Salam kenal

    BalasHapus
  12. Tausiyah yang mantap teh. Egois, jelas tidak memperkaya jiwa.

    BalasHapus
  13. Menjadi egois adalah penting. Namun, jangan jadikan egois sebagai sifat kita, gunakan egois seperlunya saja. OK?!

    BalasHapus
  14. pribadi yang egois adalah pribadi yang susah sekali untuk tulus, sebab ujung-ujungnya untuk kepentingannya sendiri.

    BalasHapus
  15. Egois berarti mementingkan diri sendiri, dalam beberapa hal memang di perlukan sikap egois. Untuk keselamatan akhiratnya misalnya. Namun semuanya memang perlu diterapkan dengan aturan2 yang sudah berlaku ya...

    BalasHapus
  16. Mungkin nggak ya, kalo orang yang egois itu bisa memainkan bumerang dengan sempurna.... :-)

    BalasHapus
  17. menghilangkan egois itu emang g mudah.,.,.

    BalasHapus
  18. semog aku terjauh dari sikap egois, sejauh ini aku belom merasakannya, karena selalu sendiri, meskipun egois ngga bakal ada yang tersinggung, klo ama temen, aku ngga pernah egois, malah mereka yang sering egois ama aku hiks...

    BalasHapus
  19. manggut-manggut; duduk di bangku paling belakang..
    life for share;
    menyimpan akan kehilangan ; melepaskan akan mendapatkan;
    karena berbagi adalah bingkai pelangi dari makna cinta hakiki

    (pasang tampang serius :mode ON) :)

    BalasHapus
  20. ayoo yang egois tunjuk tangan!!

    BalasHapus
  21. semoga saya tdk termasuk manusia egois. makasih renungannya ya.

    BalasHapus
  22. Benar tuh mba...rasanya memang indah bila kita saling menghargai dan peduli akan sesama...

    BalasHapus
  23. Makasih udah mengingatkan agar tidak egois mbak..
    Nice post..!

    BalasHapus

Dengan senang hati kami menerima komentarmu sahabat ,Terimakasih !